Mendagri Resmi Lantik SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau

Kamis, 29 Februari 2024 21:10 WIB
Galeri Foto
mendagri-resmi-lantik-sf-hariyanto-sebagai-pj-gubernur-riauMenteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian resmi melantik SF Hariyanto sebagai Penjabat Gubernur Riau, Kamis (29/02/2024). (F-ISTIMEWA)

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian resmi melantik SF Hariyanto sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri). Pelantikan tersebut ditandai dengan pengucapan sumpah jabatan, yang berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Jakarta, Kamis (29/02/2024).

Acara pelantikan dibuka dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) Presiden, Joko Widodo (Jokowi). Lalu dilakukan pembacaan sumpah jabatan oleh Mendagri, Tito Karnavian yang kemudian diikuti oleh SF Hariyanto.

Pelantikan SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau tertuang dalam Surat Keputusan Presiden Nomor 36/P/2024 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Riau dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Riau.

Adapun sumpah jabatan yang dibacakan SF Hariyanto tersebut berisi tentang hak dan kewajibannya sebagai pemimpin di Negeri Lancang Kuning.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Penjabat Gubernur Riau dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat bangsa dan negara,” ujar SF Hariyanto.

Usai dilakukan pengambilan sumpah jabatan, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan Pj Gubernur Riau oleh SF Hariyanto dan Mendagri, Tito Karnavian.

Sementata itu, Mendagri percaya bahwa SF Hariyanto dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaiknya demi kemajuan Provinsi Riau.

“Saya Mendagri, M Tito Karnavian atas nama Presiden Republik Indonesia, Jokowi, dengan resmi melantik SF Hariyanto sebagai Penjabat Gubernur Riau,” ujar Tito saat melantik.

“Saya percaya Insyaallah saudara (SF Hariyanto) akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang diberikan,” harapnya.

Usai dilantik menjadi Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mendapatkan berbagai tugas dan tanggung jawab yang diberikan Presiden RI, Joko Widodo. Tentu, berbagai amanah tersebut harus bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

SF Hariyanto mengaku, usai beliau dilantik ia mendapat beberapa catatan dari Menteri Dalam Negeri, M Tito Karnavian. Catatan tersebut berisi tentang tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan selama ia menjabat sebagai Pj Gubernur Riau.

SF Hariyanto menyebut, adapun amanah yang diberikan Mendagri yakni, bekerja sama dalam menjalankan tugas (baik dalam pemerintahan maupun non pemerintahan), menyelesaikan dan melanjutkan tugas yang ditinggalkan oleh gubernur sebelumnya. Lalu, menyiapkan program kerja dengan baik, menyelesaikan program kerja tahun 2024, mengatasi masalah tengkes, hingga menjaga angka inflasi Riau agar tetap stabil.

“Alhamdulillah, tadi saya sudah dilantik oleh Mendagri. Ada beberapa catatan kepada saya dan juga kepada rekan-rekan OPD, yakni kita harus bisa bekerja sama. Apalagi seorang pemimpin itu tidak bisa bekerja sendiri, harus bekerja sama. Selain itu, Mendagri juga mengingatkan bahwa pemimpin itu harus bisa memberikan contoh yang baik,” jelas pria yang sebelumnya menjabat di pemerintahan Syamsuar-Edy Nasution sebagai Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau tersebut.

Untuk menjalankan semua itu, SF Hariyanto mengaku tidak bisa bekerja sendiri, namun memerlukan kerja tim agar keinginan besar tersebut bisa terwujud. Akan tetapi, menurutnya budaya kerja tim di Provinsi Riau sudah lumrah dikerjakan. Sehingga diharapkan tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan baik dan lancar.

“Saya selaku yang dipercaya oleh Presiden RI, Joko Widodo dan Mendagri, Tito Karnavian, bahwa saya akan melaksanakan tugas dan amanah itu. Tapi saya tidak bisa bekerja sendiri. Saya bekerja dengan tim. Insyaallah tim Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah biasa melaksanakan itu,” ujar SF Hariyanto.***(Galeri Foto)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25032024/potretnewscom_ubwfh_2810.jpg

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25032024/potretnewscom_sprf6_2811.jpg

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25032024/potretnewscom_svtfm_2812.jpg

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25032024/potretnewscom_htrba_2813.jpg

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25032024/potretnewscom_tgwee_2814.jpg

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/25032024/potretnewscom_23uzw_2815.jpg

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww