Home > Berita > Umum

Hari Pertama Masa Tenang, Bawaslu Bengkalis Tertibkan Ribuan APK

Hari Pertama Masa Tenang, Bawaslu Bengkalis Tertibkan Ribuan APK
Senin, 12 Februari 2024 09:37 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sedikitnya 5.445 alat peraga kampanye (APK) ditertibkan tim gabungan yang dipimpin Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis beserta jajaran bersama Satpol PP dan TNI-Polri di hari pertama masa tenang, Ahad (11/2/2024). APK yang ditertibkan mulai dari spanduk, poster baik calon legislatif (caleg) atau pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden, serta bendera partai yang banyak terpasang di pinggir jalan, jembatan serta yang menempel di tembok rumah warga.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman MSi mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melayangkan surat pemberitahuan kepada para peserta pemilu untuk bisa menertibkan sendiri APK yang dipasang di tempat umum sebelum ditertibkan petugas hingga berakhirnya masa kampanye tanggal 10 Februari 2024 lalu.

”Karena 11 hingga 13 Februari merupakan masa tenang, tidak boleh lagi ada kampanye dalam bentuk apa pun, maka hari ini (Minggu) kami bersama stakeholder terkait menertibkan APK yang masih terpasang dengan mencopoti semuanya,” ujar Usman, Ahad (11/02/2023) malam.

Menurut Usman, penertiban akan dilakukan selama masa tenang hingga semua APK bersih, dan dilaksanakan serentak di sebelas kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

”Jika pada masa tenang masyarakat masih menemukan ada APK atau bahan kampanye yang masih terpasang bisa melaporkan baik ke Panwaslu di kelurahan, kecamatan maupun di tingkat kabupaten,” kata Usman.

Masyarakat juga diminta melapor ke Bawaslu Kabupaten Bengkalis, apabila mendapati adanya calon atau parpol yang melakukan kegiatan yang berbau kampanye terlebih lagi yang mengarah ke politik uang. Karena di masa tenang dikatakan Usman semua kegiatan kampanye dilarang dilakukan dalam bentuk apa pun.

”Terutama jika menemukan adanya perbuatan politik uang termasuk jika ada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mendukung atau mengajak untuk memilih atau tidak memilih paslon tertentu juga bisa melaporkan ke kami. Untuk itu kami saat ini telah membuka Posko Aduan Masa Tenang Pemilu 2024,” tegas Usman.

Adapun APK yang telah ditertibkan oleh jajaran Bawaslu Kabupaten Bengkalis tersebut terdiri dari 5.325 APK milik parpol atau caleg dan 120 APK milik paslon presiden/wakil presiden.
Sementara itu, hingga Ahad malam, Bawaslu Bengkalis bersama tim dari TNI/Polri, Satpol PP dan unsur Sentra Gakkumdu terus melakukan patroli masa tenang dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran pemilu di wilayah Kabupaten Bengkalis.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww