Pimpin Upacara Puncak Hari Jadi ke-74 Kabupaten, Pj Bupati Kampar Ajak Semua Elemen Tingkatkan Sinergi

Pimpin Upacara Puncak Hari Jadi ke-74 Kabupaten, Pj Bupati Kampar Ajak Semua Elemen Tingkatkan Sinergi
Selasa, 06 Februari 2024 14:10 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com — Mengawali kegiatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Kampar, Pj Bupati Hambali SE MBA MH memimpin langsung upacara peringatan hari jadi bersama seluruh forkopimda dan instansi vertical di lapangan upacara kantor bupati pada Selasa (6/2/2024). Upacara ini juga diikuti oleh perwakilan TNI/Polri, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kampar, ASN, tenaga honorer, pelajar, serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

Saat memberikan sambutan, Pj Bupati Kampar Hambali menyampaikan secara singkat sejarah perjalanan Kabupaten Kampar.

”Tepatnya 74 tahun yang lalu, Kabupaten Kampar ditetapkan sebagai daerah otonom berdasarkan Keputusan Gubernur Sumatra Tengah tentang Penetapan Kabupaten Kampar,” ucap Hambali.

”Hari ini dengan tema ’Kampar Makin Melaju, Menuju Indonesia Emas tahun 2045’ semangat otonomi tersebut kembali kita maknai salah satunya melalui upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Kampar, yang juga dilaksanakan pada 21 (dua puluh satu) wilayah kecamatan di Kabupaten Kampar secara serentak pada hari ini,” tambah Pj bupati.

Hambali juga mengatakan tantangan dan hambatan bangsa dan daerah semakin tinggi, pemerintah tentunya harus mempunyai prioritas dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut.

Dan sejalan dengan prioritas nasional, tutur Pj bupati, selain percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kampar saat ini fokus untuk pengendalian inflasi, pemberantasan (zero) stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem dan penguatan ketahanan pangan.

”Komitmen dan langkah konkret dalam program dan kegiatan serta partisipasi seluruh komponen diperlukan untuk mengatasi persoalan tersebut. Dan tentunya pengukuran indikator serta evaluasi yang berkelanjutan menjadi pedoman untuk penetapan solusi serta pelaksanaan program dan kerja pemerintah daerah,” ujar Pj bupati.

Dalam hal pengendalian inflasi, ucap Pj bupati, Pemerintah Kabupaten Kampar telah melaksanakan secara terukur pada setiap perangkat daerah sampai ke pemerintah desa, tentunya dengan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan pada APBD serta APBDes tahun 2024 ini, angka inflasi dapat kita kendalikan.

Selain itu, kata Pj bupati lagi, kita telah melaksanakan kerja sama dengan para pihak baik pemerintah daerah tetangga dan swasta dalam upaya menjaga stabilitas harga dan ketersediaan komoditi yang menjadi faktor utama penyumbang tingginya inflasi.

Pj Bupati Kampar juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya membantu pemerintah penyelesaian berbagai program pembangunan khususnya stunting.

”Pada kesempatan yang berbahagia ini, mewakili pemerintah Kabupaten Kampar, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik instansi vertikal, dunia usaha dan masyarakat atas partisipasinya untuk pemberantasan (zero) stunting di Kabupaten Kampar. Dengan pendekatan pola asuh bagi anak-anak terindikasi stunting serta pemberian makanan sehat untuk ibu hamil dan menyusui, serta pengawasan dan pembinaan hidup sehat melalui kader kesehatan dan relawan secara terukur dan berkelanjutan, saya meyakini zero stunting di Kabupaten Kampar di akhir 2024 dapat terwujud,” ucap Hambali.

Pada bagian lain sambutannya, Pj Bupati Kampar mengajak untuk meningkatkan kembali sinergi antara pemerintah, pemangku adat dan ulama agar terciptanya harmonisasi dalam setiap kebijakan yang dijalankan untuk kemajuan negeri.

Pada acara ini Pj Bupati Kampar juga menyerahkan berbagai penghargaan seperti pemenang logo HUT Kampar, penyerahan bapak bunda asuh anak stunting, penyerahan penghargaan kepada UMKM yang Berprestasi di Kabupaten Kampar, penyerahan penghargaan kepada pendamping haji Kabupaten Kampar, penyerahan penghargaan bagi kantor Kejaksaan Negeri Kampar dan Jaksa Negara dalam penyelamatan barang milik daerah Pemrintah Kabupaten Kampar serta penyerahan aset pemda dari kepala BPN kepada Pemda Kampar.***(Advertorial)

Kategori : Pemerintahan, Kampar
wwwwww