Home > Berita > Umum

Dimulai sejak 2021, Gerakan Peduli Lingkungan ”Glowing” Masih Rutin Dijalankan DWP Disbun Bengkalis

Kamis, 01 Februari 2024 22:31 WIB
Junaidi Usman
dimulai-sejak-2021-gerakan-peduli-lingkungan-glowing-masih-rutin-dijalankan-dwp-disbun-bengkalis
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sejak diluncurkan pada tahun 2021 lalu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unit Dinas Perkebunan masih konsisten menjalankan Gerakan Organisasi Wanita (DWP) Peduli Lingkungan atau ”Glowing”. Sebelumnya bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, MoU telah dilakukan dalam upaya pemanfaatan limbah rumah tangga dalam wujud kepedulian terhadap lingkungan. Menjelang Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPNS) 2024, Glowing ini kembali dilakukan DWP Unit Disbun dengan menyerahkan limbah rumah tangga anggota DWP Unit Dinas Perkebunan untuk didata dalam Bank Sampah DLH Bengkalis yang diserahkan pada Kamis, (01/02/2024) pagi.

Tim Bank Sampah hadir langsung menjemput sampah yang bisa didaur ulang tersebut sekaligus melakukan penghitungan jumlah rupiah yang diperoleh dari puluhan sampah tersebut.

Kepala Bidang PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup Nurhasanah menyebutkan Dinas Perkebunan merupakan mitra DLH yang rutin menyetorkan sampahnya ke Bank Sampah Bengkalis.

”Aksi mereka merupakan wujud dalam mendukung kepedulian akan lingkungan di wilayah Kabupaten Bengkalis yang dimulai dari lingkup rumah tangga,” kata Nurhasanah.

Oleh karenanya, Kabid di Dinas Lingkungan Hidup ini berharap akan lebih banyak lagi aksi dari sekolah, organisasi lainnya serta masyarakat dalam kepedulian akan lingkungan demi mewujudkan Kabupten Bengkalis Bermarwah, Maju, dan Sejahtera.

Ketua DWP Unit Disbun Eji Marlina menyebutkan gerakan ini selain bentuk kepedulian anggota Dharma Wanita akan lingkungan juga bernilai dari segi ekonomi.

”Kita peduli dan mau akan daerah yang kita cintai ini bersih serta ramah lingkungan maka dari itu gerakan ini masih terus kami lakukan,” pungkas Eji.

Selain itu lanjut Eji, perolehan rupiah dari hasil limbah tersebut akan sangat bermanfaat guna menambah kas Dharma Wanita Unit Dinas Perkebunan. Kas tersebut yang tak lain sambung Eji, bakal digunakan untuk berbagai kegitan termasuk kegiatan ”Sayur Gratis Jema’ah Sholat Subuh” yang juga rutin dilakukan DWP Unit Perkebunan dari tahun ke tahun pada bulan Ramadhan.

Kegiatan tersebut turut diikuti Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir, Sekretaris Dahen Tawakal serta sejumlah kabid.***(INF)

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww