Dibuka oleh Bupati Bengkalis, LSII Lakukan Bimtek Pengelolaan Arsip Desa/Kelurahan

Selasa, 05 Desember 2023 20:30 WIB
Junaidi Usman
dibuka-oleh-bupati-bengkalis-lsii-lakukan-bimtek-pengelolaan-arsip-desakelurahan
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebagai bentuk dukungannya, guna meningkatkan kompetensi aparatur desa terkait pengelolaan arsip, Lembaga Sinergi Indeks Indonesia (LSII) melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tata Kelola Arsip dan Tata Naskah Dinas Desa Kabupaten Bengkalis. Kegiatan Bimtek yang dibagi dalam dua angkatan dan diikuti oleh aparatur desa dari 11 kecamatan se-Kabupaten Bengkalis ini dibuka Bupati Bengkalis melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bengkalis H Alfakhrurrazi bertempat di salah satu aula hotel di Pekanbaru, (5/12/2023).

Dalam arahan tertulis Bupati Bengkalis yang dibacakan Staf Ahli Razi menyampaikan dukungannya atas penyelenggaraan Bimtek Arsip ini. ”Kami tentunya menyambut baik Bimtek ini, agar seluruh aparatur desa memiliki wawasan serta pemahaman terkait pengelolaan arsip yang baik dan benar dalam mendukung manajemen administrasi perkantoran yang tepat, cepat, dan akuntabel,” ucap Razi.

Arsip itu lanjut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bengkalis ini lagi, adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan, dan arsip bisa dikatakan sebagai urat nadi dalam segala urusan administrasi.

Memang harus kita akui lanjut Razi lagi, saat ini pengelolaan arsip desa belum mendapatkan perhatian yang cukup, sehingga ketika arsip diperlukan sering ditemui berbagai permasalahan dan kendala, seperti susah dalam penemuan kembali, rusak karena pemeliharaan yang tidak sesuai dengan kaidah kearsipan, dan pengelolaan arsip yang tidak mengikuti aturan atau kaidah yang benar.

”Saking pentingnya arsip, kepada pemerintah desa (pemdes), kami berharap arsip jangan dianggap sepele, karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan yang namanya arsip, sampai matipun kita memerlukan arsip,” ujarnya.

Saat ini, kata Razi, program arsip masuk desa/kelurahan juga menjadi bagian program kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan akan terus digenjot, agar ke depannya pemerintah desa (pemdes) mampu mewujudkan tata kelola arsip di desa/kelurahan yang efektif dan akuntabel.

”Makanya, kepada aparatur pemerintah desa yang menangani arsip, kami minta mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan tuntas, mengingat, pemerintah desa/kelurahan merupakan ujung tombak yang harus ditingkatkan terkait peran serta kapasitasnya dalam pengelolaan arsip. Tampak hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko.***

wwwwww