Home > Berita > Umum

Imlek Hari Keempat di Bengkalis Sajikan Puluhan Jenis Menu, Bazar Kuliner Gratis Diserbu Pengunjung

Imlek Hari Keempat di Bengkalis Sajikan Puluhan Jenis Menu, Bazar Kuliner Gratis Diserbu Pengunjung

Suasana Bazar Kuliner Gratis yang ditaja Panitia Perayaan Imlek Tahun 2574 Shio Kelinci Air di Vihara Hok Ann Kiong, Rabu (24/01/2023) siang. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Rabu, 25 Januari 2023 19:58 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Peringatan Imlek 2574 hari keempat di Vihara Hok Ann Kiong, Bengkalis, berlangsung meriah. Pasalnya, Rabu 25 Januari 2023, menjadi hari pertama dimulainya Bazar Kuliner. Kegiatan tersebut disambut antusias masyarakat. Alhasil, lokasi bazar pun diserbu pengunjung.
Meskipun cuaca mendung, tidak menghalangi para pengunjung untuk memadati vihara tertua di Pulau Bengkalis tersebut. Pengunjung yang kebanyakan warga keturunan Tionghoa justru semakin lama semakin ramai datang ke vihara yang dibangun tahun 1828 ini. Bukan saja dinikmati warga Tionghoa, terlihat juga yang masyarakat sekitar yang beragama Islam dan Kristen, datang menikmati hampir 30-an menu yang disantap secara gratis.

Bazar Kuliner hari keempat perayaan Imlek Tahun 2574 Penanggalan China Shio Kelinci Air ini digelar dalam perayaan Cue Lak, atau hari lahirnya Dewa Chong Cui Choi She. Dewa ini dianggap paling sakral di Vihara Hok Ann Kiong yang terletak di dua jalan utama Yos Sudarso dan Jenderal Sudirman, Bengkalis ini.

Beraneka ragam makanan disajikan dalam bazar kali ini. Ada kue bolu kemojo, kue lapis, minuman dingin, teh, kopi hangat, lasegar, dan es krim, yang terlihat diserbu pengunjung. Juga terlihat Yu Cang Ke Chinese Food khas Bengkalis ada tersaji dalam sebuah cup plastik putih.

Tak hanya itu, ada juga Cah Ye Tan, yaitu telur rebus yang kembali direbus selama satu malam dengan ramuan sinshe asal Tiongkok. Menurut peramu sajinya makanan ini hanya ada di Bengkalis, dalam Bazar Kuliner kali ini. Biasanya, menu ini cuma dijual di Pekanbaru dan Melaka, Malaysia. Peramu saji Amey dan temannya mengatakan mereka menyiapkan seribuan telur untuk Cah Ye Tan di hari pertama ini, dan di hari kedua Kamis esok juga seribuan, bahkan bisa lebih tergantung jumlah pengunjung.

Selain itu, ada nasi goreng, nasi lemak, lontong, mi sagu, kue cake, miso pokoknya sangat menggugah selera, termasuk Kopiko yang telah habis lebih 100-an cup.

Salah seorang pengunjung, Iwan, mengaku sengaja datang ke lokasi bazar untuk menikmati kemeriahan Imlek kali ini. Warga Jalan Diponegoro yang sebenarnya sudah pindah ke Pekanbaru itu mengatakan jika dirinya memanfaatkan masa cuti selama 10 hari di kampung halaman, dengan menyambangi Vihara Hok Ann Kiong. Didampingi istri tercinta dan 2 anak lelakinya, Iwan terlihat sangat menikmati sate yang disajikan di lokasi bazar.

Dua warga Tionghoa asal Meskom yang pindah ke Pekanbaru juga terlihat menikmati kuliner yang disajikan. Mereka berdua mengaku sangat rindu dengan suasana Imlek dan makanan di Bengkalis yang tidak bisa dirasakan di Pekanbaru sana.

Demikian juga Siska, warga Jalan Sri Pulau, Benkalis. Ia bahkan berharap kegiatan serupa ini dapat dilaksanakan panitia setiap tahunnya. Agar toleransi yang ada perlu dipertahankan. “Banyak makanan, semua enak-enak,” ungkap Siska.

Rasa antusias juga dirasakan Vegita dan Ria. Kedua mahasiswi dari salah satu kampus di Jakarta mengaku sudah dua 2 tahun “merantau”, dan rindu balik kampung di Bengkalis. “Ramai soalnya. Rasanya bahagia. Minuman yang disajikan susah didapatkan di Jakarta. Jadi balik ke kampung bisa ngerasain makanan-makanan khas daerah Bengkalis. Harus diadakan lagi tahun depan. Thank you kepada panitia, udah susah-susah bikin makanan, pada happy merayakan Imlek di Bengkalis," kata mereka serempak, sembari memuji kenikmatan hidangan yang disajikan.

Roby Handoko alias Akok anggota DPRD Kabupaten Bengkalis yang datang bersama dua cucunya tak ketinggalan pula menikmati aneka macam kue. Dirinya ikut berbaur bersama pengunjung lainnya memadati lokasi bazar.  

Padatnya pengunjung dalam bazar ini membuat sejumlah peramu saji makanan menjadi kewalahan. Peramu saji hidangan lotek misalnya. Ia terlihat sangat sibuk melayani pesanan pengunjung. Kepada jurnalis potretnews.com, sang peramu saji ini mengaku telah membagikan sekitar 50-an porsi lotek untuk pengunjung bazar, meski baru sekitar satu jam dibuka.

Tak tak hanya peramu saji, pengunjung yang membludak juga membuat “sibuk” beberapa petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis. Para petugas ini diturunkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman, serta membantu pengunjung yang akan menyeberang jalan menuju lokasi bazar. Sedangkan di Jalan Yos Sudarso terlihat pula beberapa personel TNI dan Polri disiagakan.

“Menurut pantauan kami dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, untuk kondisi lalu lintas pada pagi hari ini cukup lancar aman terkendali,” ucap Muslim, salah seorang petugas dari Dishub Bengkalis ini, seraya menambahkan pada petang hari Jalan Jenderal Sudirman dari persimpangan Jalan Teuku Umar sampai pasar buah Bengkalis ditutup.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww