Home > Berita > Umum

Teriakan ”Ayah” dan Tangis Histeris Anak-Anak Balita Warnai Penyambutan Kepulangan Pasukan Penjaga Perdamaian TNI AL dari Lebanon

Teriakan ”Ayah” dan Tangis Histeris Anak-Anak Balita Warnai Penyambutan Kepulangan Pasukan Penjaga Perdamaian TNI AL dari Lebanon
Sabtu, 03 September 2022 18:26 WIB

SURABAYA, POTRETNEWS.com — Suasana haru terlihat saat anggota keluarga prajurit Maritime Task Force 28-M TNI AL menyambut kepulangan 119 personel itu di Dermada Madura Tengah, Komando Armada II, Ujung, Surabaya, Sabtu, 3 September 2022.

Anak dan istri prajurit yang dikumpulkan di bawah tenda seolah tak sabar ketika melihat KRI Sultan Iskandar Muda-367 dari Libanon merapat di dermaga pada pukul 08.00. Teriakan “ayah” dan tangis histeris anak-anak balita bersahut-sahutan.

Meski demikian mereka tak bisa segera mendekat. Sebab, masih ada acara seremonial penyambutan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dan sejumlah komandan pasukan TNI AL. Baru setelah seremonial selesai, mereka diperbolehkan mendekat. ”Buka semua masker kalian, agar anak istrimu tidak lupa wajahmu,” kata Yudo Margono pada para prajurit Maritime Task Force 28-M.

Seketika itu pula istri-istri prajurit yang mengenakan seragam Jalasenastri serba-biru itu berlari menyongsong suaminya masing-masing. Mereka berpelukan sambil sesekali menyeka air mata. Uniknya, ada beberapa balita yang ketakutan saat digendong ayahnya. Kapten Aditya Bagus Umboro salah satunya. Anak keduanya, Rubina, justru meronta-ronta ketika dibopong.

Ayah Kapten Aditya, Eko Heri, yang turut menjemput kepulangan anaknya, berujar bahwa Rubina belum pernah melihat wajah bapaknya. “Ketika Aditya berangkat ke Libanon 1,5 tahun lalu, Rubina belum lahir,” tutur lelaki 62 tahun yang datang dari Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah itu, seperti dilansir tempo.co.

Kepulangan 119 personel Satgas Maritim TNI XXVIII-M UNIFIL Libanon disambut langsung oleh Yudo Margono dan istrinya yang juga Ketua Umum Jalasenastri, Vero Yudo Margono. Demonstrasi udara lima unit pesawat Bonanza Pusat Penerbangan TNI AL juga mewarnai prosesi penyambutan itu.

Satgas Maritim TNI XXVIII-M UNIFIL Libanon yang diberangkatkan oleh Yudo di Dermaga Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau pada 5 Maret 2021 tersebut telah menuntaskan tugasnya sebagai pasukan penjaga perdamaian di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB.

“Kami bangga, kalian dari unsur Angkatan Laut dapat membawa citra baik tanpa cacat selama 1 tahun 6 bulan ini. Negara-negara lain mengapresiasi kalian,” kata Yudo Margono yang juga didampingi Panglima Koarmada II Laksamana Muda T.S.N.B. Hutabarat. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum
wwwwww