Home > Berita > Umum

5 Wisata Air Terjun di Riau yang Pantang Dilewatkan, Suasananya Bikin Adem!

5 Wisata Air Terjun di Riau yang Pantang Dilewatkan, Suasananya Bikin Adem!
Minggu, 24 April 2022 14:25 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Riau terkenal sebagai kota penghasil minyak, namun di Riau ternyata menyimpan potensi tempat wisata air terjun yang mempesona dan indah, destinasi yang wajib anda kunjungi jika anda berkunjung ke Riau.

Itulah alasan mengapa Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Karena sumber alamnya yang melimpah, pemandangan alamnya pun indah.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Tempat Wisata, 5 Wisata Air Terjun di Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Air Terjun Aek Martua

Air terjun Aek Martua terletak di Desa Bangun, Kecamatan Bangun Purba. Nama Aek Martua diambil dari bahasa daerah Suku Batak Mandailing, yang memiliki arti air bertuah.

Air terjun ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki tiga tingkatan. Setiap tingkatannya memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggiannya berkisar antara 15 meter hingga dengan yang tertinggi mencapai 40 meter.

Disana anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sungguh sangat mengagumkan dan menyegarkan. Airnya yang begitu jernih yang mengalir deras, pemandangan hutan dan sangat menawan, sehingga udara disekitar air terjun tersebut sangat segar, serta ditambah lagi adanya perpaduan dari bebatuan cadas dengan tekstur yang unik dan alami.

2. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air terjun ini terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Singingi, Provinsi Riau. Air Terjun Tujuh Tingkat ini diberi nama Batang Koban, dikarenakan jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran sungai kuantan.

Destinasi ini cocok untuk dicoba jika anda termasuk salah satu parawisatawan yang suka objek wisata alam. Di sana anda akan di suguhkan udara yang sangat menyejukkan, dikarenakan banyaknya pepohonan hijau yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, terdapat pula sekitar 204 jenis satwa burung yang hidup dan berkembang biak menjadi pelengkap keindahan alam sekitar air terjun tersebut.

3. Air Terjun Batu Dinding

Tempat Wisata, 5 Wisata Air Terjun di Riau selanjutnya yaitu air terjun Batu Dinding. Air terjun ini terletak di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Untuk menuju ke objek wisata air terjun Batu Dinding ini diperlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Dari kota pekanbaru menuju arah lipat kain sepanjang 72 km. Kemudian dari lipat kain perjalanan menuju ke desa sekitar 27 km. dari Desa Gema dilanjutkan lagi sekitar 5 km menuju Desa Tanjung Belit.

Karena lokasinya yang lumayan jauh, maka diperlukan persiapan yang matang sebelum menuju kesana. Setelah anda sampai di sana di jamin permajanan melelahkan anda akan terbayarkan dengan keindahan air terjun nya.

4. Air Terjun Koboko

Air terjun Koboko terletak di Kecamatan Kampar Kiri, tepatnya di Desa Lipat Kain Selatan, kabupaten Kampar. Untuk datang kelokasi air terjun ini dari kota Pekanbaru membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit ke Desa Lipat Kain Selatan.

Setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki menelusuri perkebunan karet dan sungai Koboko sekitar 30 menit. Disana anda dapat melakukan aktivitas dengan bermain air, mandi dan berenang. Tidak hanya itu, disana anda juga dapat mengabadikan momen indah bersama keluarga atau teman anda dengan berfoto bersama.

5. Air Terjun Alahan

Air Terjun Alahan terletak di Hulu Sungai Kampar Kecamatan XIII Koto Kampar Provinsi Riau. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 15 meter yang membuat air terjun ini sangat eksotis.

Air terjun ini adalah wisata yang memiliki banyak arum jeram dengan air terjun yang sangat indah untuk dinikmati dan sangat menarik untuk diarungi menggunakan perahu khusus. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : Riauonline.com
Kategori : Umum, Riau
wwwwww