Home > Berita > Umum

Nikmatnya Merayakan Lebaran Dengan 6 Kue Khas Riau

Nikmatnya Merayakan Lebaran Dengan 6 Kue Khas Riau
Sabtu, 23 April 2022 16:03 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari lebaran. Biasanya saat lebaran kita sering menyajikan berbagai kue kering dan makanan ringan untuk para tamu.

Ada beberapa jenis kue kering dan makanan ringan khas melayu Riau yang bisa disajikan saat lebaran. Kue kering dan makanan khas melayu ini banyak dijumpai ketika musim lebaran. Bahkan beberapa macam jenis kue tidak ditemui pada hari biasa.

Kue khas melayu Riau yang enak disajikan untuk lebaran:

Kue bangkit

Kue khas melayu Riau ini terbuat dari campuran tepung kanji, gula, telor dan bahan lainnya yang diramu sedemikian rupa dan dipanggang menggunakan oven sehingga kering. Teksturnya rapuh dengan rasa manis yang khas. Kue bangkit sering dijadikan menu hidangan kue lebaran karena bisa dinikmati dalam waktu yang lebih lama. Kue ini juga bisa menjadi salah satu pilihan oleh-oleh jika kamu berkunjung ke Riau.

Kue bawang melayu

Kue kering dengan cita rasa dan keharuman bawang goreng yang lezat bisa kamu nikmati dari kue bawang khas melayu ini. Kue bawang terbuat dari bahan tepung terigu, bawang merah, seledri dan bumbu lainnya. Kue bawang khas melayu memiliki tekstur yang lebih tipis, renyah dan aroma bawang yang lebih terasa. Karena rasanya yang gurih dan tidak manis, kue bawang menjadi salah satu kue favorit saat lebaran.

Kacang pukul

Kue kacang pukul ini juga nikmat disajikan saat lebaran atau sebagai oleh oleh khas Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau. Kue kacang pukul ini terbuat dari kacang tanah, gula dan sedikit garam yang dihaluskan. Setelah lumat dan menyatu, Kue kacang pukul dipotong kecil-kecil. Rasa kacangnya yang khas dan manis wajib kamu sajikan saat lebaran.

Sagu lemak

Kue khas melayu yang cocok disajikan saat lebaran lainnya adalah sagu lemak. Sagu lemak merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung sagu. Jika berkunjung ke daerah pesisir Riau, kamu akan mudah menemukan makanan ini. Makanan khas tradisional melayu Riau ini terbuat dari tepung sagu. Rasanya yang gurih dan sedikit berlemak, menjadi ciri khas makanan ini. Makanan juga sangat cocok disajikan saat lebaran.

Kue bolu berendam

Kue bolu berendam dulunya menjadi salah satu cemilian para raja di Indragiri Hulu. Bolu Berendam biasanya disajikan pada hari khusus seperti lebaran, pernikahan atau acara adat saja. Dinamakan bolu berendam karena penyajiannya direndam terlebih dahulu dan disajikan dengan kuah larutan gula memiliki cita rasa manis dan lembut.***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : Riauonline.com
Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww