Home > Berita > Umum

Persiapan Sambut Idul Fitri 1443 H, Polda Riau Adakan Apel Gelar Pasukan Gabungan

Persiapan Sambut Idul Fitri 1443 H, Polda Riau Adakan Apel Gelar Pasukan Gabungan
Jum'at, 22 April 2022 17:48 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Riau mengadakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lancang Kuning di halaman Kantor Gubernur Riau Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, Jumat (22/4/2022).

Kapolda Riau Irjen Muhammad Iqbal menyampaikan personel kepolisian yang dikerahkan sebanyak 1.678 orang. Petugas gabungan dari instansi lainya, 1.405 orang.

"Total kekuatan personel 3.083. Lalu, untuk kendaraan dinas 495 unit, terdiri dari 206 roda empat dan 289 roda dua," sebut Iqbal saat diwawancarai wartawan usai apel gelar pasukan, seperti dikutip dari KOMPAS.com.

Dia mengatakan bahwa total posko yang didirikan adalah 57 titik. "57 posko, ini terdiri dari 32 pos pengamanan (Pospam), 20 pos pelayanan (Posyan), dan 5 posko terpadu," imbuhnya.

Untuk lima titik posko terpadu, sambung dia, empat titik terdapat di wilayah yang berbatasan dengan provinsi tetangga, yakni Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Rokan Hulu.

"Sedangkan satu titik di Kota Pekanbaru, yakni di kawasan Purna MTQ di Jalan Jenderal Sudirman," kata Iqbal.

Iqbal menyatakan, TNI dan Polri siap melakukan pengamanan dan pelayanan terhadap masyarakat pada saat mudik dan Lebaran Idul Fitri.

"Petugas akan disebar ke titik-titik keramaian, wilayah rawan kriminal. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan," ucap Iqbal.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

"Kami juga lakukan terus percepatan vaksinasi terutama vaksin dosis kedua dan booster. Kami akan all out semua personel untuk melakukan pelayanan dan pengamanan terhadap masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran," kata Iqbal.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, untuk mudik Lebaran, jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka untuk masyarakat.

"Pemerintah telah siap melaksanakan mudik Lebaran. Dalam kesempatan ini juga kami sampaikan rencana pembukaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang akan dibuka. Tapi, kepastian waktu belum bisa ditentukan. Bagi warga yang mudik, agar berhati-hati di jalan dan tinggalkan rumah dalam kondisi aman," ujar Syamsuar. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww