Home > Berita > Umum

Jembatan Barelang, Tempat Asyik Ngabuburit Menjelang Buka Puasa

Jembatan Barelang, Tempat Asyik Ngabuburit Menjelang Buka Puasa
Jum'at, 22 April 2022 14:02 WIB

RIAU, POTRETNEWS.com — Berbuka puasa tak melulu pergi ke café atau restauran mewah. Anda dapat mengunjungi lokasi-lokasi wisata yang menawarkan keindahan alam dan tentunya bisa dinikmati hingga malam. Seperti ngabuburit di Jembatan Barelang Jembatan Barelang, Kepulauan Riau.

Jembatan Barelang merupakan jembatan yang menghubungkan beberapa pulau di kepulauan riau. Pulau-pulau tersebut antara lain Pulau Batam, Pulau Nipah, Pulau Tonton, Pulau rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru.

Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1992 dan selelsai pada tahun 1998. Jembatan ini digadang-gadang merupakan asli buatan anak bangsa karena insinyur-insinyur yang dilibatkan semuanya merupakan insinyur lokal.

Nama Barelang sendiri merupakan singkatna dari beberapa pulau yang dihubungkan yakni Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini konon menghabiskan dana hingga 400 Milyar yang kesemuanya berasal dari Anggaran Otorita Batam.

Jembatan besar ini merupakan suatu kesatuan dari 6 jembatan yang menghubungkan masing-masing pulau. 6 jembatan tersebut yakni Jembatan Tengku Fisabilillah (menghubungkan Batam dan Pulau Tonton) yang merupakan jembatan terpanjang dengan bentang 642 meter.

Kemudian disusul Tuanku Tambusai (Jembatan Rempang-Galang) adalah jembatan lengkung sepanjang 385 m. Jembatann Sultan Zainal Abidin (Setokok-Rempang) dengan panjang 365 m dan Jembatan Narasinga (Tonton-Nipah) dengan panjang 320 m berada di urutan selanjutnya.

Urutan 2 terakhir adalah Jembatan Ali Haji (Setokok-Nipah) yang membentang sepanjang 270 meter. Kemudian Jembatan Raja Kecil di Pulau Galang (Galang-Galang Baru), yang terkecil dari keenamnya.

Nama dari tiap-tiap jembatan diambil dai nama pahlawan lokal. Keunikan serta kemegahan bangunan jembatan ini telah menarik jutaan wisatawan untuk sekedar menikmati keindahannya.

Sejak didirikan hingga kini, Jembatan Barelang kepulauan Riau ini tak pernah sepi dari pengunjung. Keindahan pemandangan laut dan hamparan pantai di tiap sudut jembatan menjadi pemandangan eksotis setiap harinya. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : timesindonesia.co.id
Kategori : Umum, Riau
wwwwww