Home > Berita > Umum

Berwisata di Danau Kebun Nopi Kuansing

Berwisata di Danau Kebun Nopi Kuansing
Rabu, 20 April 2022 09:00 WIB

KUANSING, POTRETNEWS.com — Danau Kebun Nopi yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) merupakan sebuah danau buatan yang dibangun untuk kebutuhan kegiatan PON pada tahun 2012. Danau ini dibuat sebagai bagian dari venue olahraga, tepatnya olahraga dayung. Danau ini terletak di Desa Bukit Pedusunan, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Usai perhelatan pesta olahraga tingkat nasional tersebut, danau ini pun dijadikan sebagai tempat wisata tirta atau wisata air. Beberapa pihak bahkan menyebutkan, venue ini menjadi salah satu venue olahraga dayung terbaik yang ada di Indonesia.

Danau Kebun Nopi memiliki ukuran panjang 2.200 meter, lebar 180 meter dan dalamnya 2,5 meter. Nama Nopi diambil dari nama seorang pemilik kebun di daerah tersebut. Nopi adalah seorang juragan yang memiliki berhektar-hektar kebun di daerah kampung tempat dibangunnya Danau Kebun Nopi.

Menikmati Keindahan Suasana Danau Kebun Nopi

Sebagai salah satu objek wisata air di Kabupaten Kuantan Singingi, Danau Kebun Nopi menawarkan keindahan suasana alam yang cukup menarik untuk dikunjungi. Di sepanjang area danau terbentang pemandangan perbukitan dan pohon-pohon hijau yang menyejukkan mata. Apalagi jika Anda berkunjung di petang hari, hembusan angin yang semilir akan menambah keindahan suasana.

Di sepanjang kawasan danau, kita dapat menyaksikan aneka tumbuhan tropis. Selain itu, karena merupakan fasilitas venue olahraga, di sekitar danau ini juga terlihat 4 buah bangunan yang didesain modern. Bangunan ini merupakan tribun penonton, ruang ganti dan gedung tempat istirahat para atlet.Buat Anda yang ingin menikmati suasana danau lebih dekat, bisa menyusuri danau menggunakan perahu yang tersedia. Atau hanya sekedar duduk santai di tepi danau sambil menikmati pemandangan air yang luas, angin yang semilir dan panorama hijau di sekeliling lokasi venue.

Tempat ini cukup cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Beberapa fasilitas modern yang ada di sekitar danau menambah suasana tempat wisata yang semakin indah. Namun demikian, saat ini pemerintah daerah setempat sedang mempersiapkan tempat ini sebagai lokasi olahraga di tahun 2020 yakni untuk kegiatan Pekan Olahraga tingkat provinsi di Riau. Renovasi dilakukan karena memang sejak tahun 2012 lalu sudah banyak hal-hal fisik yang sifatnya harus diperbaiki.

Jika Anda sedang liburan di Kuantan Singingi, tak ada salahnya berkunjung ke Danau Kebun Nopi. Kawasan danau ini juga memiliki bendungan yang berperan penting untuk kegiatan irigasi masyarakat desa setempat. Perbaikan danau maupun bendungan akan membantu perbaikan kondisi sosial ekonomi masyarakat setempat. Apalagi jika Danau Kebun Nopi ini mampu menarik minat wisatawan lebih banyak lagi.

Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk berkunjung ke danau ini. Kawasan di tepian danau menjadi spot menarik untuk diabadikan. Atau bagi Anda yang tertarik untuk menelusuri danau, tentunya spot di perahu kecil merupakan hal unik yang bisa Anda abadikan.

Cara Menuju ke Lokasi Danau Kebun Nopi, Kuantan Singingi

Cara menuju ke lokasi Danau Kebun Nopi ini bisa ditempuh menggunakan transportasi darat. Bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua jika Anda mampu. Jarak Desa Bukit Pedusunan dari pusat Kota Pekanbaru sekitar 179 km, atau dapat ditempuh dalam waktu 4 jam perjalanan dengan kecepatan normal. Rute perjalanan ini memungkinkan Anda pulang hari saat berkunjung ke danau tersebut. Tetapi jika ingin lebih santai dan menikmati banyak hal lagi, Anda bisa mengambil waktu akhir pekan dan menginap satu malam di Kota Taluk Kuantan.

Menikmati wisata Danau Kebun Nopi di Kabupaten Kuantan Singingi adalah wisata hemat yang bisa Anda pilih di akhir pekan. Ya, karena masuk ke kawasan wisata ini gratis alias tidak dipungut bayaran. Anda bisa berfoto dan menikmati pemandangan air di petang hari atau bahkan pagi hari bersama keluarga.

Jangan lupa mencicipi aneka kuliner khas Kabupaten Kuantan Singingi seperti lamang, lepat bugis dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah sampai di Danau Kebun Nopi, jika masih ada waktu, Anda bisa melanjutkan wisata di tempat-tempat terdekat lainnya yang ada di Kuansing. Wisata murah karena rata-rata tempatnya gratis untuk dikunjungi. Selamat liburan. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : Riaumagz.com
Kategori : Umum, Kuansing
wwwwww