Home > Berita > Umum

Pesona Wisata Tepian Narosa, Lokasi Pacu Jalur Kuantan Singingi

Pesona Wisata Tepian Narosa, Lokasi Pacu Jalur Kuantan Singingi
Senin, 18 April 2022 07:39 WIB

KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com — Bila Anda sudah sering menyaksikan event tahunan di Kuantan Singingi yang menjadi salah satu agenda wisata nasional yakni Paju Jalur Taluk Kuantan, tentu tidak asing lagi dengan nama tempat Tepian Narosa. Sepanjang tepian sungai Teluk Kuantan yang menjadi lokasi digelarnya event ini merupakan lokasi Tepian Narosa yang dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Tepian Narosa terletak di Jalan Sudirman, Pasar Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Taluk Kuantan. Jadi memang cukup strategis karena berada di pusat kota Taluk Kuantan.

Tepian Narosa dibuat sedemikian mungkin sebagai tempat para pengunjung menyaksikan langsung kompetisi jalur dari berbagai daerah yang digelar bulan Agustus setiap tahunnya. Di bagian tepiannya dibuat tribun-tribun yang terbuat dari kayu bertingkat-tingkat dengan kursi-kursi yang siap diduduki pengunjungi. Atap tribun sebagian terbuat dari terpal dan menjadi tempat berteduh penonton pacu jalur.

Di sepanjang Tepian Narosa juga banyak kita temukan para pedagang. Tak jauh dari lokasi Pacu Jalur ini juga terdapat pasar yang beroperasi hingga malam hari dan menyediakan berbagai oleh-oleh yang bisa dibawa pulang para pengunjung.

Berkunjung ke Tepian Narosa akan banyak dilakukan wisatawan pada even paju jalur tahunan. Namun, di hari biasa pun Anda tetap bisa mengunjunginya dan menyaksikan pemandangan tepian kuantan yang luas. Di tempat ini tetap bisa dijadikan sebagai spot lokasi berfoto meskipun Anda berkunjung tidak pada momen pelaksanaan event pacu jalur.

Menikmati Keindahan Tepian Narosa di Taluk Kuantan

Tepian Narosa terletak di lokasi yang strategis dan tak jauh dari jalan raya. Lokasi ini membuat tempat ini menjadi destinasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi keluarga. Apalagi jika Anda berkunjung di event pacu jalur. Akan banyak hal yang bisa Anda nikmati di tempat ini.

Bila Anda berkunjung di momen Pacu Jalur, di sepanjang Tepian Narosa dapat Anda saksikan jalur-jalur panjang yang berisi puluhan hingga ratusan orang yang hendak berkompetisi. Peserta kompetisi cukup beragam, baik yang berasal dari dalam kota maupun luar Kuantan Singingi. Jangan lupa mengabadikan foto tim pacu jalur yang Anda dukung di Tepian Narosa. Selain itu, buatlah video pada saat jalur dan anak-anaknya melaju di sungai. Ini juga menjadi hal unik yang bisa Anda nikmati di Tepian Narosa.

Wisata belanja juga bisa Anda nikmati sepanjang event Pacu Jalur. Ada banyak aksesoris dan souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh. Pasar yang ada di Taluk Kuantan menyediakan aneka cindera mata khusus. Dan asyiknya lagi tetap bisa Anda kunjungi hingga malam hari.

Bila kebetulan Anda ingin berkunjung ke Tepian Narosa pada saat hari-hari biasa, bukan pada event pacu jalur, Anda pun tetap bisa menikmati keindahan tempat tersebut. Jangan lupa juga mengunjungi aneka wisata kuliner yang ada di Taluk. Anda bisa melihat tradisi orang Taluk yang terlihat mirip dengan tradisi orang Sumatera Barat. Termasuk juga dalam hal bahasa, logatnya hampir mirip dengan bahasa Sumetera Barat.

Bila sudah sampai ke Kota Taluk Kuantan, jangan lupa pula mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang tak jauh dari pusat kota. Perjalanan satu hari saja mungkin tak cukup, Anda butuh 2-3 hari untuk lebih puas.

Cara Menuju ke Lokasi Tepian Narosa, Taluk Kuantan

Akses menuju ke lokasi Tepian Narosa yang ada di Kota Taluk Kuantan cukup mudah. Alasan itu juga yang menyebabkan Pacu Jalur menjadi salah satu destinasi wisata tingkat nasional. Selain memang tradisinya yang unik, pelaksanaannya juga cukup bagus.

Rute perjalanan menuju Tepian Narosa sama dengan rute menuju ke Kota Taluk Kuantan, Kuantan Singingi. Tergantung dari mana Anda memulai perjalanan. Jika dari Kota Pekanbaru, Anda bisa menempuh perjalanan darat menggunakan travel atau mobil dalam kisaran waktu 4 jam perjalanan. Ada banyak transportasi umum seperti travel yang menuju ke Taluk Kuantan. Oleh karena itu, akses ke Tepian Narosa pun cukup mudah.

Apalagi jika Anda ingin berkunjung pada momen Pacu Jalur. Biasanya banyak wisatawan yang akan berkunjung dan mencarter kendaraan khusus. Anda pun bisa melakukannya bersama rekan-rekan Anda untuk perjalanan yang lebih nyaman dan biaya yang lebih terjangkau. Tepian Narosa sebagai bagian dari Peta Wisata Kabupaten Kuansing dan menjadi salah satu andalan Wisata Riau.***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : Riaumgz.com
Kategori : Umum, Kuansing
wwwwww