Home > Berita > Umum

Rutin Makan Kolak Pisang saat Buka Puasa, Manfaatnya Bagus Banget

Rutin Makan Kolak Pisang saat Buka Puasa, Manfaatnya Bagus Banget
Sabtu, 16 April 2022 07:56 WIB

POTRETNEWS.com — Kolak merupakan salah satu menu khas saat berbuka puasa. Kolak pisang merupakan jenis kolak yang digemari banyak orang. Manfaat kolak pisang tentu berasal dari zat gizi yang terkandung di dalam komposisinya.

Kuah kolak yang terasa khas berasal dari dua bahan, yakni santan dan gula aren. Jenis pisang yang biasanya digunakan adalah pisang kepok.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kolak pisang yang bisa kamu dapatkan.

1. Mengembalikan energi setelah berpuasa

Bahan-bahan yang digunakan kolak pisang memiliki kalori yang cukup tinggi. Pada dasarnya, asupan tinggi kalori memberikan pasokan tenaga untuk tubuh. Nantinya, energi ini digunakan untuk beraktivitas fisik.

2. Mengurangi risiko anemia

Manfaat kolak pisang yang satu ini berasal dari kandungan folat dan zat besi pada pisang kepok dan santan. Keduanya berpotensi mencegah anemia. Kondisi ini muncul ketika tubuh kekurangan hemoglobin atau zat pada sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi diperlukan untuk memproduksi hemoglobin pada sel darah merah. Sementara itu, folat penting untuk menjaga ukuran sel darah merah agar tidak terlalu besar.

3. Menjaga rasa kenyang agar lebih lama

Manfaat kolak pisang ini berasal dari kandungan protein dan lemak santan serta serat pisang. Mengutip studi terbitan Journal of Obesity & Metabolic Syndrome (2020), asupan protein merangsang produksi hormon peptide YY dan menurunkan hormon ghrelin.

Hormon peptide YY berguna untuk menimbulkan rasa kenyang, sementara hormon ghrelin membuat kamu merasa lapar. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : line.today.me
Kategori : Umum
wwwwww