Ribuan Mahasiswa Unjuk Rasa ke DPRD Riau, Tolak Jokowi 3 Periode

Ribuan Mahasiswa Unjuk Rasa ke DPRD Riau, Tolak Jokowi 3 Periode

Mahasiswa dari berbagai kampus di Provinsi Riau bergerak menuju Gedung DPRD Riau di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru, Senin (11/4/2022)/F-BISNIS.com

Senin, 11 April 2022 15:40 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Ribuan mahasiswa dari berbagai kampus yang ada di Provinsi Riau, berunjuk rasa ke Gedung DPRD Riau di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Senin (11/4/2022) siang. Aksi ini merupakan kegiatan bersama dengan aksi serupa yang dilakukan serentak oleh BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) pada hari ini di seluruh Indonesia.

Dari pesan yang dibagikan seperti dinukil dari bisnis.com, ada sejumlah tuntutan dari massa aksi kepada pemerintah, di antaranya sebagai berikut:

1. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode karena sangat jelas mengkhianati konstitusi negara.

2. Menuntut dan mendesak Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan ketahanan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk mengusut tuntas para mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

5. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menyelesaikan konflik agraria yang terjadi di Indonesia.

6. Menuntut dan mendesak Jokowi-Maruf untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

Sementara itu di ibu kota Jakarta, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengklaim ribuan mahasiswa mulai memasuki Jalan Gatot Subroto depan gedung DPR/MPR pada Senin (11/4/2022) sekitar pukul 13.30 WIB.

Demo mahasiswa yang awalnya direncanakan akan digelar di kawasan Istana Negara dipindah ke Gedung DPR RI Senayan Jakarta. Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal pada Minggu (10/4/2022) menjelaskan alasan pengalihan massa aksi ke Gedung DPR untuk mengawal berjalannya konstitusi yang merupakan tugas pokok dari legislatif.

Perubahan lokasi itu disampaikan sesaat setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Pemilu 2024 akan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah disepakati pemerintah dan DPR yakni, 14 Februari. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Pekanbaru
wwwwww