Home > Berita > Umum

Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara, Pemerintah Sudah Siapkan Struktur Ekonomi Digital 2021-2030

Ekonomi Digital Indonesia Tertinggi di Kawasan Asia Tenggara, Pemerintah Sudah Siapkan Struktur Ekonomi Digital 2021-2030
Senin, 11 April 2022 21:10 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia memiliki berbagai potensi yang dapat memperkuat peluang akselerasi perkembangan ekonomi digital.

Nilai transaksi e-commerce Indonesia pada tahun 2021, disebutkan Airlangga, berhasil mencapai Rp 401,25 Triliun, dengan volume transaksi sebesar 1,73 miliar.

“Ekonomi digital di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Nilai ekonominya di tahun 2021 tercatat sekitar US$ 70 Miliar, dan diperkirakan mampu mencapai US$ 146 Miliar pada tahun 2025,” ujar Menko Airlangga dalam acara Penawaran Umum Perdana Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (11/04), dikutip dari kontan.co.id.

Tren positif perkembangan ekonomi digital juga sejalan dengan perkembangan investasi. Pengembangan ekonomi digital menjadi salah satu strategi utama transformasi ekonomi Indonesia. Pengembangan ekonomi digital ini juga didorong oleh adanya pergeseran perilaku masyarakat yang cenderung menggunakan platform digital di berbagai sektor.

Hasil studi Google, Temasek, Bain & Company (2021) menunjukkan bahwa nilai investasi ekonomi digital Indonesia sepanjang Q1-2021 sebesar US$ 4,7 miliar telah melampaui nilai tertinggi selama empat tahun terakhir.

Pemerintah pun berkomitmen untuk terus menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan ekonomi digital di Indonesia. Dalam rangka ini, Pemerintah telah mempersiapkan kerangka pengembangan ekonomi digital 2021-2030.

Kerangka ini akan menjadi guideline dalam mewujudkan visi menjadi kekuatan ekonomi digital yang mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, terhubung, dan berkelanjutan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww