Safari Ramadan Perdana di Pelalawan, Gubernur Riau Tinjau Pasar Murah dan Serahkan Bantuan Ratusan Juta

Kamis, 07 April 2022 20:18 WIB
Galeri Foto
safari-ramadan-perdana-di-pelalawan-gubernur-riau-tinjau-pasar-murah-dan-serahkan-bantuan-ratusanGubernur Riau Syamsuar menyampaikan sejumlah imbauan dalam lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022) malam/F-HUMAS PEMPROV

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, melakukan lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022). Pada kesempatan itu, Gubri menyempatkan meninjau pasar murah sembako di aula Kantor Camat Pangkalankerinci, Pelalawan. 

Saat meninjau pasar murah Gubri didampingi Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin, Kepala Disperindagkop UKM Riau M Taufiq OH. Pantauan di lokasi masyarakat Pangkalan Kerinci sangat antusias dengan adanya pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Riau itu. Terlihat masyarakat membludak menunggu antrean kupon.

Gubernur mengatakan, pasar murah ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu. Apalagi saat bulan Ramadan, dimana sembako sangat dibutuhkan. "Tentu kita lihat perkembangannya kedepan, kalau memang masih dibutuhkan pasar murah tentu akan disiapkan oleh pemerintah provinsi," katanya.

Pasar murah di Pangkalan Kerinci, Pemprov Riau menyiapkan 600 paket sembako murah. Yang terdiri dari beras, minyak goreng, gula, telur ayam dan lainnya. "Hari ini pasar murah di Pangkalankerinci ada 600 paket, terdiri dari beras, minyak goreng, tepung terigu, gula dan telur," terangnya.

Setelah meninjau pasar murah, Gubri menyempatkan meninjau sekaligus belanja di Bazmart binaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pelalawan.

Kemudian dilanjutkan meninjau bahan pokok di pasar Pangkalankerinci. Saat tinjauan, Gubri bercengkrama dengan pedagang sekaligus mengecek ketersediaan dan harga sembako saat bulan puasa.

Usai melakukan tinjauan, Gubri berbuka puasa sekaligus Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci. Saat lawatan Safari Ramadan perdana di Masjid Al Muttaqin Pelalawan, Gubri menyerahkan nantuan dan piagam penghargaan kepada perusahaan CSR.

Bantuan yang diserahkan Gubri di antaranya, bantuan berupa santunan dari Baznas Provinsi Riau sebanyak 1.432 paket untuk SPSI senilai Rp500 juta, dan Share Profit Bazmart Rp59.621.742.

Kemudian Gubri juga menyerahkan bantuan simbolis jam digital kepada pengurus masjid, serta menyerahkan bantuan CSR Bank Riau Kepri (BRK) untuk pembangunan Masjid Al Muttaqin Pangkalan Kerinci, Pelalawan sebesar Rp50 juta.

Selain itu, Gubri juga menyerahkan bantuan santunan anak yatim dari PT RAPP di wilayah operasionalnya sebanyak 3.200 orang, dan untuk Pelalawan 885 anak yatim. Kemudian RAPP juga memberikan bantuan BPJS untuk Tenaga Kerja Rentan sebanyak 3.000 orang meliputi imam dan petugas masjid senilai Rp154 juta.

Atas kepedulian itu, Gubri memberi penghargaan CSR perusahaan dan rumah sakit yang berperan membantu pemerintah. Penghargaan diberikan kepada perusahaan CSR, diantaranya PT RAPP, BRK, Rumah Sakit Efarina Pangkalan Kerinci dan lainnya.

Gubri dalam sambutannya mengatakan, sebetulnya lawatan Safari Ramadan tersebut sudah diagendakan dua tahun lalu. Namun, namun karena kondisi pandemi Covid-19 tidak bisa dilaksanakan.

"Sebenarnya kami ini dua tahun lalu sudah merancang Safari Ramadan di 12 kabupaten/kota bersama pak Wakil Gubernur. Namun karena pandemi Covid-19 di negara kita ini, sehingga terhambat kami melaksanakan Safari Ramadan," ungkap Gubri.

"Alhamdulillah Ramadan tahun ini tidak ada lagi penghalang untuk kita beribadah di masjid, tidak ada pengaturan PPKM, dan tidak ada lagi pengaturan jarak, namun kita tetap diwajibkan pakai masker. Ini artinya Covid-19 belum berakhir sepenuhnya di seluruh Indonesia dan dunia. Namun memang saat ini sudah terjadi penurunan kasus di Provinsi Riau termasuk di Pelalawan," tambahnya.

Karena itu kebijakan pemerintah melonggarkan kegiatan di masjid, khusus dalam beribadah di bulan Ramadan ini, Gubri mengajak masyarakat Pelalawan untuk meramaikan masjid pada bulan suci Ramadan tahun 2022 ini.

"Bahkan melalui kebijakan pak Presiden Lebaran tahun ini masyarakat boleh melakukan mudik Lebaran. Namun bagi masyarakat yang akan melakukan mudik menggunakan transportasi udara dan laut melalui kebijakan Kementerian Perhubungan, tidak lagi disyaratkan tes Covid-19 jika sudah vaksin ketiga (Booster)," ujarnya.

"Jadi kalau mau tidak ada tes Covid-19, vaksin Booster lah. Jadi lebih baik sekarang kita booster untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Daripada kalau mau pergi kemana-mana harus Rapid Antigen dan PCR," tukasnya.

Turut hadir mendampingi Safari Ramadan Gubri, Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin, Kepala Dinas Kominfotik Riau Erisman Yahya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Imron Rosyadi, Kepala Dinsos Riau T Zul Effendi, Sekwan DPRD Riau Muflihun, Karo Kesra Setdaprov Riau Zulkifli Syukur, dan Karo Adpim Setdaprov Riau Aryadi.

Kemudian hadir juga Perwakilan Manajemen RAPP, GM Stakeholder Relations (SHR) Wan Mohd Jakh Anza, dan Direktur Utama BRK Andi Buchari, Kemenag Pelalawan dan Pengurus Baznas Pelalawan, serta pejabat Pemkab Pelalawan. (Galeri Foto)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_kslnm_2334.jpgGubernur Riau Syamsuar (tengah) menyerahkan bantuan kepada anak yatim dalam lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022) malam/F-HUMAS PEMPROV

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_cuqn4_2337.jpg Gubernur Riau Syamsuar (kanan) menyerahkan bantuan dari BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek dalam lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022) malam/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_d9d9g_2338.jpg Gubernur Riau Syamsuar menyaksikam menyerahkan bantuan dari Bank Riau Kepri Syariah dalam lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022) malam/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_bxs6k_2341.jpgGubernur Riau Syamsuar (kanan) menyerahkan bantuan program kemitraan dari Bank Riau Kepri dalam lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022) malam/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_wsmjc_2342.jpg Gubernur Riau Syamsuar (kanan) menyerahkan piagam penghargaan dalam lawatan Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Pangkalankerinci, Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/4/2022) malam/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_jtqrk_2335.jpg Gubernur Riau Syamsuar menyempatkan meninjau pasar murah sembako di aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Kamis (7/4/2022)/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_v2bwq_2336.jpg Gubernur Riau Syamsuar berbelaja di salah satu toko di Pangkalankerinci, Pelalawan, Kamis (7/4/2022)/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_3cybj_2339.jpg Gubernur Riau Syamsuar menyempatkan meninjau pasar murah sembako di aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Kamis (7/4/2022)/F-HUMAS PEMPROV https://www.potretnews.com/assets/imgbank/14042022/potretnewscom_qt5bm_2340.jpg Gubernur Riau Syamsuar membayar sejumlah produk makanan yang dibelinya di salah satu toko di Pangkalankerinci, Pelalawan, Kamis (7/4/2022)/F-HUMAS PEMPROV
wwwwww