Home > Berita > Umum

Harga TBS Sawit Naik, Petani di Pelalawan Hadiahkan Mobil untuk Istri

Harga TBS Sawit Naik, Petani di Pelalawan Hadiahkan Mobil untuk Istri
Senin, 04 April 2022 10:05 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Petani sawit bisa tersenyum bahagia belakangan ini. Diketahui bahwa nilai jual  tandan buah segar (TBS) sawit mengalami kenaikan yang sangat berarti. Bagi petani sawit, nilai jual TBS saat ini yang harganya mencapai Rp.3600 per kilogram sangat jauh lebih baik dibanding dengan harga sebelumnya yakni Rp.1000 per kilogramnya.

Momen peningkatan harga jual TBS sawit ini pun dimanfaatkan sebagian petani untuk membeli kendaraan impiannya.

"Tingginya harga sawit memang cukup membahagiakan bagi kami. Saya mau beli mobil baru jenis Expander untuk istri," kata Supri (41), petani sawit asal Gondai Kabupaten Pelalawan, Riau, Minggu (3/4/2022), melansir idxchannel.com.

Selain dirinya, ungkap Supri, ada banyak lagi warga Daerah Gondai yang berprofesi sebagai petani sawit juga membeli mobil atau menukarkan mobil lamanya dengan mobil keluaran yang lebih baru. Kebanyakan dari mereka membeli mobil di dua daerah, yaitu di Pangkalan Kerinci, Ibu Kota Kabupaten Pelalawan dan Kota Pekanbaru Ibu Kota Riau.

"Teman-teman saya juga sudah banyak yang ganti mobil. Ada yang (beli) baru, ada juga yang bekas. Belinya di Pekanbaru dan  Kerinci," tutur pemilik kebun sawit seluas tiga hektar ini.

Supri mengatakan bahwa  memang harga sawit saat ini jauh lebih baik dari harga beberapa bulan lalu. "Dulu harganya Rp1000 perkilo sekarang Rp3600," ucapnya.

Adi Saputra, petani sawit lainnya, juga mengatakan bahwa dia sudah memesan mobil baru. "Saya jual mobil lama saya diganti dengan yang dobel kabin. Saya beli kredit. Dengan harga sawit sekarang masih bisa bayar angsuran," kata Adi dari Kelompok Tani Berkah Sawit di Pelalawan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww