Home > Berita > Umum

Dumai Berencana Buka Pelabuhan Internasional

Dumai Berencana Buka Pelabuhan Internasional
Minggu, 03 April 2022 18:22 WIB

DUMAI, POTRETNEWS.com — Kabar gembira bagi yang suka melakukan perjalanan ke luar negeri, terutama Malaysia, Pemerintah Dumai berencana membuka pelabuhan internasional.

Hal ini menyusul Pemerintah Malaysia yang telah membuka pintu keluar dan masuk ke negara itu mulai 1 April 2022 lalu. Kota Dumai sebagai salah satu pintu masuk dari dan ke Malaysia, akan membuka pelabuhan penumpang dari dan ke negeri jiran itu mulai Senin, 11 April 2022 mendatang.

Persiapan pembukaan pintu masuk internasional dari jalur laut dikemukakan Wali Kota Dumai, Paisal usai meninjau Pelabuhan Penumpang Internasional PT Pelabuhan Indonesia, Sabtu (2/4/2022).

Wali Kota Dumai, saat peninjauan didampingi Kadis Perhubungan Kota Dumai, Zulkarnain, Asmen Teknik dan Fasilitas PT Pelabuhan Indonesia cabang Dumai, Agung, Kapolsek KSKP AKP Dedi, Kabid Status Hukum dan Sertifikasi KSOP Dumai, Yudi, unsur Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi dan Beacukai.

Paisal mengatakan peninjauan tersebut dalam rangka mengecek kesiapan pelabuhan Internasional karena sudah dua tahun atau selama pandemi Covid 19 tidak digunakan.Paisal menambahkan, secara umum kondisi Pelabuhan Internasional cukup baik. Pasokan listrik untuk mendukung operasi peralatan lebih dari cukup. Peralatan xray, pemindai suhu sudah ada dan siap dioperasikan.

"Kita sangat gembira pelayaran Dumai Malaysia, baik itu melalui Melaka, Port Dickson maupun Port Klang sudah buka. Karena ini memberikan dampak ekonomi bagi Kota Dumai. Insya Allah Kamis (7/3/2022) ini sudah clear semua. Termasuk rekomendasi dari Satgas dan Gubernur," katanya, Minggu (3/4/2022), melansir Tribunnews.com.

Menurutnya, jika pintu ini dibuka, akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Dumai, dengan ketentuan dan aturan harus diterapkan dengan sungguh sungguh. Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Zulkarnaen mengatakan mulai Senin (4/4/2022) hingga Kamis (7/4/2022) akan dilakukan inventarisir, pembenahan dan penambahan fasilitas di terminal penumpang Internasional Pelindo Dumai.

"Sesuai arahan Wali Kota, paling lambat kamis (7/4/2022) sudah harus selesai. Kami langsung berkoordinasi dengan pihak terlait. Seperti Pelindo, Imigrasi, KSKP, KKP dan Beacukai," sebutnya.

Zulkarnaen mengaku, Wali Kota meminta instansi terkait untuk memperbaiki dan menambah fasilitas yang diperlukan, sesuai hasil pemantauan di lapangan.

"Misalnya saja soal kondisi terminal yang sudah lama tidak dipakai. Tentunya harus dibersihkan dan diperbaiki jika ada yang rusak. AC, Karpet dan lain-lain. Intinya harus nyaman," sebutnya.

Kemudian peralatan xray, tambahnya, pemindai suhu dan pemindai barcode peduli lindungi yang harus sudah terpasang dan bisa digunakan sebelum 7 April 2022. Sebelumnya, penyedia jasa kapal ferry cepat Indomal Express menyambut baik dibukanya kembali pintu masuk dan keluar ke Malaysia melaui Kota Dumai.

"Persiapan tengah dilakukan dan disempurnakan. Bagi yang ingin ke Malaysia bisa mendapatkan informasi di Konter Informasi Indomal, terutama menyangkut persyaratan perjalanan ke Malaysia," ‎pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Dumai
wwwwww