Home > Berita > Umum

Program Hebat, 43 Warga Penderita Sakit Kronis Menerima Bantuan

Program Hebat, 43 Warga Penderita Sakit Kronis Menerima Bantuan

H Arianto dan Kades Azmi Yulfikar bersama rombongan saat menyerahkan bantuan kepada Samsinar (80an thn), Selasa (15/03/2022).

Rabu, 16 Maret 2022 15:40 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Setengah gelas ginseng dingin yang masih ada segera ku habiskan begitu menerima telpon agar aku segera datang pada Selasa, 15 Maret petang semalam.

Dengan langkah pasti, ku tinggalkan Alfian, pekerja kedai kopi "Kopi TagEh" yang terletak di belakang hotel Panorama dengan kalimat nanti bayar kala lewat tepat di depannya menuju Toyota Vios G tahun 2004 berwarna hitam.

Tak sampai 10 menit aku pun tiba di Kantor Desa Pangkalan Batang Barat, Jalan Muhammad Tohar yang telah ada Kades, Sekdes, Kaur, Kadus serta H Arianto anggota DPRD Kabupaten Bengkalis.

Rasa lelahku yang hanya sempat mengirimkan satu berita akan sirna karena berganti rasa haru seperti waktu pagi menjelang siangnya yang ikut bersama rombongan Kades Azmi Yulfikar mengantarkan bantuan sedikit uang kepada penderita penyakit kronis di desa kami.

Rombongan lengkap, kami segera menuju sebuah rumah di samping Gang Pusara Dusun Kematang. Seorang perempuan tua berusia sekitar lebih 80an tahun bernama Samsinar terbaring di kamar. Wajahnya tersenyum melihat kedatangan kami, ia baru saja selesai melaksanakan sholat Asar dalam posisi terbaring di tempat tidurnya.

Meskipun telah sepuh dan kata-kata yang tidak begitu jelas beliau ucapkan, ingatannya masih luar biasa. Ini terbukti beberapa orang anak tetangganya masih dia ingat namanya termasuk H Arianto yang merupakan teman cucunya, Darta Eka Saputra yang sekarang pemilik usaha martabak mandor di Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru.

Setelah beberapa menit hanyut dalam keadaan ada yang meneteskan air mata saat berbincang dengan perempuan tadi, teringat nasib badan masing-masing akan bekal yang masih serba kekurangan untuk pergi ke hadapanNya.

Rombongan kami menuju sebuah rumah lain yang hanya berjarak sekitar 200 meter. Salam diberi pintu dibuka, kami semua masuk ke kamar. Terbaring seorang lelaki yang berusia sekitar lebih 70an bernama Abdullah yang merupakan pensiunan seorang guru. Abdullah masih berkaitan darah dengan Sekda Bengkalis periode 1995-2003, H Hamid Achmad yang telah meninggal dunia pada Senin (04/01/2021) tahun kemarin dalam usia 77 tahun.

Sedangkan, sebelum azan Zuhur semalam, rombongan menyerahkan bantuan kepada Ama yang mengalami gangguan jiwa, sempat viral karena mengambil uang infaq di kontak beberapa masjid di pulau ini. Atas kejadian ini membuat Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis mengantarkannya beberapa pekan di Rumah Sakit Jiwa, Pekanbaru.

Tiga warga tadi hanya sedikit gambaran dari 42 penerima bantuan yang merupakan dana Silpa ADD dan Silpa Pajak tahun 2021.

"Program ini tentu melibatkan unsur-unsur baik itu BPD, kepale dusun dan lainnye make kite buatlah program ini dengan tujuan bahwe Pemerintah Desa Pangkalan Batang Barat ikut hadir dalam membantu masyarakat masyarakat kite yang terutama yang sakit sesuai dengan kemampuan dana yang ade. Kite telah membantu warga kita sebanyak 43 orang yang terdiri dari beberape lansia (lanjut usia) yang sakit, kemudian ade juge yang stroke," kata Kepala Desa Azmi Yulfikar kepada potretnews.com, Selasa (15/02/2022) siang semalam dalam dialek Melayu Pesisirnya.

"Harapan kami, walaupun bantuan yang kami berikan nilainye tidak begitu maksimal tapi mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat kite tadi. Kemudian kami juge berharap dukungan supaya program ini bisa berjalan lagi di mase depan karena ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kite sesuai dengan kondisi saat ini masih Covid-19 yang tentunye masyarakat kite sedang menanti bantuan-bantuan dari pemerintah desa khususnye," harap Kades Azmi Yulfikar didampingi Ketua BPD Dedy Aswadi dan Kadus Kampung Parit, Rusli.

"Alhamdulillah, saya merasa bangga hari ini bahwa program dari Desa Pangkalan Batang Barat ini luar biasa. Dan ini bisa dijadikan salah satu contoh bagi desa-desa yang lain agar membuat program seperti ini. Kita berharap kepada Kepala Desa yang sekarang Pak Azmi agar dapat melanjutkan program-program ini. Semoga orang-orang tua kita yang dalam kondisi ekonomi tidak begitu baik dapat diberikan bantuan. Kepada yang menerima jangan dilihat dari besarnya tapi dilihat dari keinginan pimpinan daerah pemerintah desa ini memberikan bantuan tersebut," harap H Arianto, anggota DPRD Kabupaten Bengkalis pula.

Tampak hadir dalam penyerahan bantuan yang dilakukan hari kemarin tersebut selain Kadus Rusli dan Ketua BPD Dedy Aswadi, juga Sekdes Munawir, Kasi Kesra Muhammad Rifaldi dan Kadus Kematang Rino Agustino dan beberapa warga juga ikut bersilaturahmi ke rumah penerima bantuan tadi. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww