Home > Berita > Sport

Sirkuit F1 di Lagoi akan Groundbreaking pada 17 Maret, Direncanakan jadi Fasilitas Multicircuit Seperti Sepang

Sirkuit F1 di Lagoi akan Groundbreaking pada 17 Maret, Direncanakan jadi Fasilitas Multicircuit Seperti Sepang
Selasa, 15 Maret 2022 08:05 WIB

POTRETNEWS.com - Proyek sirkuit F1 di Lagoi, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) kini menuju proses peletakan batu pertama (groundbreaking). Kepastian groundbreaking sirkuit F1 di Lagoi disampaikan oleh Junaidi Elvis, selaku Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Antar Lembaga dari Ikatan Motor Indonesia (IMI).

"Tanggal 17 Maret nanti kami ada penandatangan MoU (Memorable of Understanding) sekaligus groundbreaking pembangunan sirkuit F1 di Lagoi, Bintan," ujarnya, Senin (14/3/2022) kemaren, melansir GridOto.com.

Menurut Junaidi, sirkuit F1 di Lagoi, Bintan direncanakan menjadi fasilitas multicircuit yang bisa digunakan untuk ajang balap lainnya, semisal MotoGP layaknya Sirkuit Sepang di Malaysia.

"Ya kira-kira multi circuit di Bintan ini akan seperti Sepang," ucapnya.

Dari sisi progresnya, sirkuit internasional baru di Indonesia ini dinyatakan sudah siap dibangun.

Sebab proyek sirkuit internasional baru di Indonesia ini dinyatakan telah melewati proses pembebasan lahan.

Dengan adanya calon sirkuit baru berkelas dunia tersebut, diharapkan dapat mengembangkan potensi anak bangsa di bidang balap nasional hingga internasional.

Lebih lanjut, proyek pembangunan Sirkuit F1 di Lagoi, Kepri ditargetkan rampung pada 2024.

Sebagai informasi, rencana pembangunan sirkuit di Lagoi ini pernah diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepri pada 2020 lalu. Kala itu, usulan tersebut disampaikan Bupati Bintan, Apri Sujadi, saat berbincang dengan Wishnutama Kusubandio saat menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).

Selain untuk event balap dunia, tujuan pembanguan sirkuit tersebut juga demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) lewat kunjungan wisatawan ke Bintan.

Dengan akan dibangunnya sirkuit ini, Indonesia tentunya akan punya sirkuit internasional lagi selain Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Sport
wwwwww