Home > Berita > Umum

Bupati Bengkalis Gembira Dengan Kesuksesan Petani Padi Desa Langkat

Bupati Bengkalis Gembira Dengan Kesuksesan Petani Padi Desa Langkat
Kamis, 10 Maret 2022 18:27 WIB
Junaidi Usman

SIAKKECIL, POTRETNEWS.com — Turut senang dan gembira, kelompok tani Karya Abadi Desa Langkat Kecamatan Siak Kecil telah berhasil dan sukses melakukan penanaman padi. Ini perlu didukung dan diberikan apresiasi karena telah ikut berkonstribusi dalam peningkatan luas tanam, produksi dan produktivitas pangan, khususnya padi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakili Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso saat menghadiri acara Gerakan Tanam Padi bersama dan Peresmian Gudang Serta Lantai Jemur, Desa Langkat Kecamatan Siak Kecil, bertempat di Desa Langkat, (9/3/2022) semalam.

Bagus Santoso menyampaikan, "Sungguh ini merupakan kondisi yang cukup membanggakan kita semua. Saya berharap, kiranya Bapak/Ibu petani padi, tetap semangat berproduksi maupun semangat memelihara, terus motivasikan diri serta konsisten untuk lebih meningkatkan luas tanam maupun produktivitas panen padinya dimasa depan," kata Wabup Bagus Santoso dalam sambutannya.

"Pembangunan bidang pertanian, termasuk pertanian padi, merupakan salah satu prioritas yang akan terus kami kembangkan di Kabupaten Bengkalis karena telah menjadi misi kami. Melalui pengelolaan potensi sumber daya alam yang efektif dalam memajukan perekonomian sebagai bagian dari upaya kita untuk mencapai visi terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," ujar Bagus Santoso.

Di Kecamatan Siak Kecil saat ini lanjutnya, telah memiliki luas tanam padi 2.298,5 hektar, dengan luas panennya 2.305 hektar, kemudian produktifitasnya 4,60 ton per hektar serta memiliki hasil produksi 10.603 ton perpanen. Kedepannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berharap luas tanam, produksi serta produktifitas padi ini dapat ditingkatkan karena Desa Langkat ini, sarana pertaniannya menggunakan benih unggul dan bermutu," harapnya.

Kemudian Bagus Santoso juga mengatakan, "Sebagai dukungan dan kepedulian Pemkab Bengkalis, pada tahun 2022 ini, baik kegiatan yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi maupun APBD Kabupaten Bengkalis, khusus Desa Langkat, akan kita laksanakan kegiatan rehab jaringan irigasi dan juga pemberdayaan produsen benih budidaya lengkap + lantai jemur dan gudang 1 unit/10 hektar, dari APBN, kemudian pembangunan embung dari dana alokasi khusus," jelas Wabup Bagus Santoso.

"Di kesempatan ini, kami berterima kasih kepada bapak Gubernur Riau yang memiliki komitmen dan kepeduliannya terhadap petani padi di Kabupaten Bengkalis, buktinya pada tahun 2022 ini telah diplotkan kegiatan penangkaran benih padi seluas 30 hektar dari APBD Provinsi Riau untuk pertanian padi di Kabupaten Bengkalis. Tentunya sesuatu yang sangat membanggakan kita semua," ungkap Bagus Santoso.

Perlu juga kami sampaikan lanjut Bagus Santoso penangkaran benih di Desa Langkat saat ini telah mencapai luas ± 14 hektar sejak tahun 2019 yang lalu, dimana 10 hektarnya bantuan pemerintah dan 5 hektarnya adalah swadaya masyarakat. Bahkan dari luas tanam 15 hektar dengan varietas logawa di lahan penangkaran ini, tahun 2021 saja hasil produksinya telah mencapai 40 ton. Tentunya sebuah keberhasilan yang perlu terus kita dorong bersama-sama.

Hadir pada acara tersebut Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Bengkalis Drs Sufandi, Camat Siak Kecil H Daswan, Kepala Desa Langkat Mesiran serta beberapa Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww