Home > Berita > Umum

Mendagri Minta Kepala Daerah Berdayakan PKK

Mendagri Minta Kepala Daerah Berdayakan PKK
Rabu, 09 Maret 2022 08:25 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta kepala daerah agar dapat memberdayakan keberadaan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK).

Menurut Tito, PKK merupakan mesin besar yang mampu bekerja hingga menjangkau keluarga sebagai komunitas terkecil dalam sistem kemasyarakatan.

"Tidak banyak negara yang memiliki sistem yang bisa mencakup sampai basis terkecil (keluarga)," kata Tito dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

Hal itu disampaikannya saat memberikan arahan pada puncak acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 yang berlangsung secara daring dan luring dan di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Tanjungpinang.

Dengan potensi itu, PKK menjadi mitra strategis pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan. Saat ini, tambahnya, PKK telah banyak mendukung program pembangunan baik di bidang sandang, ketahanan pangan, percepatan vaksinasi, penerapan protokol kesehatan, dan sebagainya.

Lebih lanjut, Tito juga menjelaskan pemerintah daerah (Pemda) baik provinsi maupun kabupaten/kota dapat memberdayakan PKK melalui berbagai langkah. Misalnya dengan memberikan hibah untuk mendukung program PKK.

Tak hanya itu, Pemda juga dapat melibatkan program PKK ke dalam kegiatan yang dimiliki Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Adapun program tersebut dapat dilibatkan dalam kegiatan di bidang kesehatan, pendidikan, penanganan kemiskinan, penanganan stunting, dan sebagainya. Pelibatan program tersebut dilakukan sejak perencanaan penganggaran yang dilakukan Pemda.

Tito pun mengakui pihaknya telah memerintahkan Plt. Dirjen Bina Pembangunan Daerah agar melihat apakah ada program yang melibatkan PKK atau tidak dalam Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD).

"Karena ibu-ibu ini mau bergerak sebetulnya, dan mesin mereka luar biasa," ucap Tito, melansir Detik.com.

Mantan Kapolri tersebut lantas menekankan tanpa adanya dukungan dari Pemda, keberadaan PKK menjadi tak maksimal. Dirinya pun berharap, gelaran peringatan HKG PKK ke-50 dapat menjadi momentum bagi semua pihak terutama kepala daerah untuk semakin mendukung dan memberdayakan keberadaan PKK.

Sebagai informasi, acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai jajaran PKK, seperti Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK Tri Tito Karnavian, Ketua TP PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar, kader PKK, sejumlah organisasi wanita, dan sebagainya. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri Gubernur Kepri Ansar Ahmad, bupati/wali kota se-Kepri, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Kepri, dan banyak pihak lainnya yang tergabung secara daring maupun luring. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww