Home > Berita > Umum

Maksimalkan Kualitas Siswa, Ini yang Dilakukan SMKN 3 Bengkalis

Maksimalkan Kualitas Siswa, Ini yang Dilakukan SMKN 3 Bengkalis

Pelajar SMKN 3 Bengkalis jurusan DPIB (atas) dan jurusan TKJ (bawah), Selasa (08/03/2022).

Selasa, 08 Maret 2022 17:10 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Sejak Januari 2022, soal UKK (Uji Kompetensi Keahlian) sudah diberitahukan oleh pusat, yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Pendidikan SMK, tinggal download dari websitenya.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala SMKN 3 Bengkalis, Kusno yang mengatakan, "Jadi memang setiap sekolah itu diberi kesempatan untuk melatih anaknya sampai diri mereka siap mengikuti UKK pada Senin, 28 Maret mendatang dimulainya UKK dan berakhir pada Rabu, 30 Maret 2022," kata Kepala SMKN 3 Bengkalis, Kusno kepada potretnews.com, Selasa (08/03/2022).

Ada 3 Program Keahlian yang akan diikuti 128 orang pelajar SMKN 3 Bengkalis ini dalam UKK nanti. Program Keahlian dengan Teknik Konstruksi dan Properti Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) kalau dahulu disebut Teknik Sipil, Program Keahlian Teknik Otomotif dengan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika dengan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Dari ketiga program tadi, jumlah siswa terbanyak di jurusan TKJ

"Kita sudah menginstruksikan guru-guru untuk melakukan bimbingan sejak Januari 2022 silam sepulangnya siswa kita magang. Karena tidak boleh belajar penuh (semua siswa datang ke sekolah dan belajar serentak), program bimbingan kita buat perkelompok. Di samping itu, mereka juga belajar di rumah sebab kalau kita mengharapkan di sekolah sepertinya tidak terkejar waktunya," terang Kusno.

"Kita dari pihak sekolah berharap, mereka lulus semua dengan nilai yang baik dan dapat menerapkan di lapangan apa yang dipelajari di sekolah ini. Jadi, mereka bekerja sesuai dengan profesi masing-masing," harapnya.

Diutarakan Kusno, hari ini Selasa (08/03/2022), di samping mengikuti kelas bimbingan, para pelajarnya mengikuti Ujian Akhir (Semester VI/ Semester Genap) secara online (dalam jaringan/ Daring) sampai Sabtu, 12 Maret nanti. Ujian Semester Genap untuk mata pelajaran PAI, PPKN, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ini dikerjakan di rumah sepulangnya dari sekolah dengan dibatasi durasi namun boleh mereka bebas mengerjakannya bisa petang hari, boleh malam hari.

Kendalanya mereka belajar di rumah, tidak diikuti 100% seperti yang diharapkan pihak sekolah. "Ada berapa siswa yang kami harus memanggil orang tuanya agar anak mereka dapat mengikuti ujian ini sepenuhnya," kata Kusno dengan nada sedih.

Selanjutnya, selama 3 hari mulai 16 Maret sampai 18 Maret 2020, ratusan pelajar sekolah ini akan mengikuti Ujian Sekolah yang nilainya untuk mengisi ijazah. Setelah itu baru UKK. "Selesai UKK, maka selesailah mereka dan hanya menunggu pengumuman kelulusan saja," terang Kusno lagi.

"Kita mengharapkan kepada anak-anak kita tamatan Tahun Ajaran 2021/ 2022 maupun tahun sebelumnya bisa memenuhi lapangan pekerjaan yang tersedia di masyarakat sesuai dengan kompetensi mereka masing-masing," harap Kepala SMKN 3 Bengkalis, Kusno di akhir wawancara.

Cindy Risky Mandah, siswi kelas XII jurusan DPIB kepada media ini menyebutkan agar nilai UKKnya baik, dirinya sering mengulang-ulang gambar sehingga lancar, sering mengulang-ulang pelajaran. Bimbingan atau Pra UKK yang diikutinya tadi membantu. "Saya siap mengikuti UKK pada 28 Maret mendatang dan selama ini tidak ada menghadapi kendala," kata Cindy Risky Mandah yang tinggal di Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan dengan wajah ceria meskipun suaranya terdengar parau yang disebabkan penyakit batuk.

"Alhamdulillah, saya masih terbaik satu. Rencana tamat SMKN 3 Bengkalis akan melanjutkan ke jurusan Teknik Sipil di Dumai," ungkap Cindy Risky Mandah yang kala itu telah menyelesaikan tugas bimbingannya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww