Home > Berita > Umum

Bersantai Sejenak di Taman Jalur

Bersantai Sejenak di Taman Jalur
Senin, 07 Maret 2022 10:40 WIB

KUANSING, POTRETNEWS.com — Setelah lelah dengan aktivitas sepanjang hari pasti teman-teman semua ingin santai dan beristirahat sejenak dari aktivitas yang padat. atau mungkin nongkrong bersama teman maupun keluarga. Kali ini kita akan jalan-jalan ke salah satu spot nongkrong paling favorit di Taluk Kuantan.

Bagi masyarakat Kuantan Singingi tentu tak asing lagi dengan Taman Jalur Taluk Kuantan. Taman ini terletak di pusat kota Taluk Kuantan, Kuantan Singingi, Riau atau sekitar 160 km dari Ibukota Pekanbaru. Saat tiba di lokasi kita akan melihat sebuah gerbang atau gapura yang bertuliskan "Arena Pacu Jalur Teluk Kuantan". Ini karena taman ini benar-benar terletak di lokasi Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan yang digelar tiap bulan Agustus. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa taman ini dinamakan Taman Jalur.

Saat sampai di dalam area taman jalur, kita akan melihat di tengah taman terdapat sebuah tugu yang dikelilingi kolam dan air mancur. Tugu tersebut bernama Tugu Lancang Kuning yang mana merupakan ciri khas masyarakat Riau. Setelah itu taman ini juga dipenuhi dengan rumput hijau dengan beberapa pohon ridang di sepanjang pinggirannya yang menjadikan taman ini cocok sebagai tempat piknik. Ditambah lagi pada malam hari taman ini dihiasi oleh lampu taman yang indah yang berada di setiap sudut taman.

Selain Tugu Lancang Kuning, di sekitar sini juga terdapat satu lagi tugu yang menjadi ciri khas masyarakat kuantan singingi. Tugu tersebut bernama Tugu Dayung atau oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan "Tugu Pangayuah". Tugu dayung ini berdiri dengan dua buah dayung di puncaknya. Dayung tersebut melambangkan tradisi masyarakat Kuantan Singingi yaitu Pacu Jalur.

Kuliner Sekitar

Selain karena tamannya yang indah, yang membuat taman ini menjadi spot nongkrong favorit ialah karena banyaknya kuliner di sekitar taman, kamu dapat menemukannya mulai dari pukul 14:00. Jajanan dan minuman yang dijual juga beragam mulai dari jus buah, pop ice, bakso bakar, kebab, martabak telur, dan berbagai jenis jajanan kaki lima lainnya dengan harga yang sangat terjangkau. Kamu dapat menikmati berbagai kuliner mulai dari Rp5.000

Selain sebagai tempat nongkrong anak muda, taman jalur ini juga cocok buat bersantai bersama keluarga. Terutama untuk yang membawa anak-anak karena tersedia berbagai wahana yang bisa disewa seperti mobil mini dan skuter dengan tarif Rp20.000. Selain itu, Disini juga terdapat beberapa mobil odong-odong yang bisa membawa kalian untuk jala- jalan berkeliling kota Taluk Kuantan. Tak hanya itu, masih banyak lagi wahana bermain anak yang ada mulai dari istana balon, kolam mandi bola, tempat melukis dan lain-lain yang bisa dicoba dengan harga serba Rp5.000 per anak.

Akomodasi Penginapan

Bagi yang ingin menginap disini, disarankan kepada kalian untuk coba menginap di Wisma Jalur yang berlokasi hanya sekitar 200 meter dari sini. Tepatnya di jalan Tugu Barat, Koto Taluk, Kuantan Singingi, Riau. Di Wisma Jalur terdapat total 9 kamar dengan harga yang cukup bersahabat. Yaitu sebesar Rp200.000 untuk kamar standard, Rp250.000 untuk VIP room, dan Rp300.000 untuk family room. Kalian juga bisa meminta extra bed seharga Rp50.000 untuk yang single bed dan Rp100.000 untuk double bed. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber : berisik.id
Kategori : Umum, Kuansing
wwwwww