Kantor Samsat Drive Thru Bakal Hadir di Pelalawan dan Inhil

Kantor Samsat <i>Drive Thru</i> Bakal Hadir di Pelalawan dan Inhil
Minggu, 06 Maret 2022 20:06 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kantor Samsat Drive Thru di Provinsi Riau akan kembali bertambah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan segera mengoperasikan tempat pelayanan pembayaran pajak dengan sistem drive thru ini di dua titik lagi, masing-masing di Pangkalankerinci Kabupaten Pelalawan dan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pajak, Bapenda Riau, M Sayoga. Menurutnya, saat ini, Samsat Drive Thru yang sudah beroperasi ada di dua lokasi. Yakni di Kantor Bapenda Riau Jalan Sudirman Kota Pekanbaru ‎dan di Ujung Tanjung Rokan Hilir.

"Yang dua tempat itu (Pekanbaru dan Rohil) sudah jalan sejak tahun lalu dan saat ini yang sudah kita bangun ada di Pangkalan Kerinci, Pelalawan dan di Tembilahan Inhil," kata Sayoga, Minggu (6/3/2022), dilansir dari Tribunpekanbaru.com.

Ia menjelaskan, untuk yang di Pangkalan Kerinci Pelalawan dan di Tembilahan Inhil pada saat ini belum bisa dioperasikan, meski bangunan untuk layanan Samsat Drive Thru sudah selesai dibangun. Sebab untuk mengoperasikan Samsat Drive Thru tersebut dibutuhkan sarana pendukung. Seperti komputer, printer dan jaringan instalasi listrik serta internet di kantor tersebut.

"Bangunannya sudah jadi, tapi sarana pendukungnya masih dalam tahap pengadaan,"
ujarnya.

Jika dua titik yang baru ini bisa dioperasikan, maka nantinya total Samsat Drive Thru yang beroperasi di Provinsi Riau akan ada empat titik. Masing-masing ada di Pekanbaru, Rohil, Pelalawan dan Inhil.

"Rencananya nanti di APBD-P kita mau menambah satu lagi di Pekanbaru, lokasinya di Samsat Jalan Gajah Mada," ujarnya.

Yoga mengungkapkan, untuk di Pekanbaru antusias wajib pajak yang membayarkan pajak kendaraan bermotornya lewat Samsat Drive Thru cukup banyak. Bahkan selalu panjang antriannya. Untuk itu, dibutuhkan satu titik lagi agar antrian tersebut bisa terbagi.

"Antriannya cukup panjang, makanya kita ingin pecah ini, mudah-mudahan nanti bisa ditambah satu lagi," katanya.

Berdasarkan data dari Bapenda Riau, layanan Samsat Drive Thru menjadi salah satu layanan yang paling banyak diminati masyarakat. Meskipun untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor ada banyak layanan yang bisa digunakan, termasuk dengan cara online melalui signal, namun layanan ini tetap banyak dikunjungi warga.

"Kalau dirata-ratakan, satu hari bisa ada puluhan mobil dan untuk roda dua itu bisa sampai 50 hingga 100-an unit," ucapnya.

Seperti diketahui, launching pembayaran pajak melalui sistem drive thru dilakukan oleh Gubernur Riau, Syamsuar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Provinsi Riau pada Senin 9 Agustus 2021 lalu.

Samsat Drive Thru akan beroperasi enam hari dalam seminggu. Pada hari Senin-Kamis, jam operasional Samsat Drivu Thru mulai pukul 08.30-13.00 WIB. Kemudian hari Jumat mulai 08.30-10.30 WIB dan hari Sabtu mulai pukul 08.30-11.00 WIB.

Untuk persyaratan membayar pajak kendaraan diantaranya STNK asli dan e-KTP asli
sesuai Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan, Umum, Riau
wwwwww