Home > Berita > Umum

Pertama di Riau, Unilak Hadirkan Prodi Desain Interior

Pertama di Riau, Unilak Hadirkan Prodi Desain Interior

Rektor Unilak, Junaidi, memotivasi para pelajar di Pekanbaru, belum lama ini.

Rabu, 23 Februari 2022 11:17 WIB
Widya paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Program Studi Desain Interior resmi berdiri di Fakultas Teknik Universitas Lancang (Unilak) Kuning Pekanbaru.

Ini setelah keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2022 yang memutuskan ijin pembukaan Prodi Desain Interior Program Sarjana pada Universitas Lancang Kuning, yang ditandatangani oleh Prof Nizam, 17 Februari 2022 lalu. Unilak menjadi yang pertama dan satu satunya Perguruan Tinggi di Riau yang memiliki Prodi Desain Interior.

Rektor Unilak Dr Junaidi dalam keterangannya mengucapakan syukur. " Alhamdulillah ijin telah keluar. Prodi desain interior didirikan untuk menghasilkan tenaga desain interior yang sangat diperlukan masyarakat modern saat ini. Prodi ini sangat keren dan sesuai dengan passion generasi Milenial saat ini "

Dijelaskan Dr Junaidi, Program Studi Desain Interior adalah prodi Desain pertama di Riau. Muncul karena kebutuhan akan desain interior atau tata ruang dalam kompleks. Sangat bersinggungan dengan Arsitektur, tapi Interior lebih spesifik ke ruang dalam dan kenyamanan personal.

Desain Interior bukan hanya sekedar lay out ruang , tapi juga ada perletakan dan desain furniture , ada suasana ruangan , perletakan lampu , elemen estetis dan ambience berupa bebauan yang memunculkan kenyamanan pada ruang, ujar Dr Junaidi menambahkan.

Dikatakan Dr Junaidi, Riau merupakan salah satu provinsi penghasil kegiatan Ekraf Interior terbesar, tapi selama ini belum ada desainer yang berasal dari pendidikan formal, kebanyakan belajar otodidak dari pengalaman." Makanya lumrah di Riau didominasi oleh kontraktor interior dan furniture, desainer sendiri nya masih bisa dihitung dengan jari."

Dengan didirikannya di Unilak, diharapkan bisa menjadi sarana pendidikan Desain Interior yang kompeten, lengkap, fokus ke desain untuk menghasilkan Desainer Interior

Bagi mereka yang memutuskan untuk kuliah di Prodi ini ada banyak potensi dan keuntungan. Pertema Prospek Lowongan Kerja yaitu bidang utama: Desainer Interior; Kontraktor; Interior & Furniture; Peneliti Bidang Desain; dan Desainer Furniture.

Sementara untuk keunggulan Prodi Desain Interior ini menghadirkan lingkungan pendidikan, penelitian dan pengabdian di bidang Desain Interior yang berfokus pada teknologi dan bernafaskan budaya Melayu Riau.

"Tahun 2022 ini kita sudah membuka dan menerima pendaftaran mahasiswa baru, jadi orang tua, generasi milenial, dan masyarakat lainnya yang ingin kuliah di Prodi ini silahkan bergabung bersama Unilak, " ujar Dr Junaidi yang di dampingi Wakil Rektor I Zamzani. M. Kom dan Dekan Fakultas Teknik Dr Zainuri.ST.MT. ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww