Home > Berita > Umum

Pocadi Kampar Diharap Dapat Mendorong Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Pocadi Kampar Diharap Dapat Mendorong Tingkatkan Minat Baca Masyarakat
Selasa, 22 Februari 2022 18:31 WIB
Widya paramitha

BANGKINANG, POTRETNEWS.com — Komunitas Penggiat Literasi Kampar (KPLK) visit ke Pojok Baca Digital (Pocadi) Kampar. Selain menambah pengetahuan, para aktivis literasi tersebut berniat akan membantu masyarakat Kampar agar bisa mengambil manfaat dari program yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kampar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Kampar, Ir. Nurhasani, MM diwakili Operator dan IT Dispersip Kampar, Fajri Salim, (22/02/22) saat menerima kunjungan KPLK di Pocadi Kampar memberikan apresiasi kepada KPLK yang telah berkunjung ke Pocadi Kampar.

Fajri Salim mengatakan, bahwa Pocadi merupakan model perpustakaan dengan format buku digital (e-book). Pocadi juga memberikan layanan buku cetak. Pocadi diharapkan dapat mendorong peningkatan minat baca dan peningkatan budaya literasi bagi masyarakat, ungkap Fajri.

Fajri juga menyampaikan, bahwa kelebihan Pocadi adalah menggunakan konsep digital library dalam membangun interaksi pemustaka melalui fitur dalam aplikasi iPusnas, baik untuk meminjam, membaca maupun untuk berbagi koleksi informasi. "POCADI adalah wujud pelayanan publik bidang perpustakaan", ungkap Fajri.

Kepada para pengurus KPLK Fajri berharap, agar para aktivis literasi tersebut selalu membantu masyarakat terutama dalam menfapatkan pelayanan perpustakaan. Para aktivis literasi tersebut diharapkan dapat selalu semangat dan menjaga niat sucinya agar selalu menabur kebaikan di tengah masyarakat ungkap Fajri.

Sementara itu, Wakil Ketua KPLK, Pendri Nur Ali alias Andika Joe Pepen kepada wartawan mengatakan, bahwa Pocadi sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Terutama bagi siswa SMA sederajat dan para mahasiswa serta masyarakat umum. Setiap masyarakat yang memiliki HP android dapat menjadi Pemustaka penuh pada Pocadi. Mereka dapat membaca dan meminjam buku pada Pocadi tersebut, ungkap Andika Joe Pepen.

Andika Joe Pepen juga menjelaskan, bagi masyarakat yang tidak memiliki HP android, juga tidak perlu bersedih hati. Karena dari hasil diskusi KPLK dengan petugas Pocadi mengatakan, bahwa masyarakat yang tidak memiliki HP android juga bisa memanfaatkan fasilitas komputer yang telah disediakan oleh pemerintah di Pocadi tersebut. Pada Pocadi Kampar terdapat tiga unit komputer yang telah disediakan untuk Pemustaka yang ingin mengambil manfaat pada Pocadi Kampar, ungkap Andika Joe Pepen.

"Saatnya masyarakat Kampar menjadi masyarakat Cerdas, masyarakat cinta literasi, karena literasi untuk kesejahteraan", ungkap Andika Joe Pepen. ***

Kategori : Umum, Kampar
wwwwww