Home > Berita > Umum

Pacu Jalur Masuk dalam Radar Tim Kurasi Kharisma Event Nusantara

Pacu Jalur Masuk dalam Radar Tim Kurasi Kharisma Event Nusantara
Jum'at, 18 Februari 2022 15:42 WIB
Kasmalinda

POTRETNEWS.com — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) telah melakukan kurasi tahap awal usulan Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022. 

KEN 2022 disusun oleh Kemenparekraf/Baparekraf itu, merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo. Terutama dalam mempertahankan jumlah lapangan kerja, dan mendorong perekonomian Indonesia.

Total event daerah yang terima Kemenparekraf/Baparekraf sebanyak 317 formulir usulan. Namun, hanya 168 usulan event yang masuk ke tahap kurasi berikutnya

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Kuantan Singingi beberapa waktu yg lalu telah mengusulkan event pacu jalur ke kemenparekraf melalui Dinas Pariwisata. Dinas Pariwisata riau telah mengusulkan 10 event pariwisata, dari 10 agenda pariwisata itu yang masuk tahap awal kurasi KEN 2022 hanya 5 event pariwisata, termasuk event pacu jalur yg kita banggakan. Sedangkan yang 4 kainnya adalah yaitu Kenduri Riau di Pekanbaru (Juli 2022), Festival Rupat Running 10 K di Bengkalis (Oktober 2022). 

Kemudian, Festival Subayang di Kampar (Mei 2022), dan Bandar Serai Festival di Pekanbaru (April 2022).

Kepala Dinas Pariwisata dab Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Dr. Indra Suandy mengatakan, bahwa Kemenparekraf telah melakukan kurasi tahap awal dengan memerhatikan faktor kualitas dibandingkan kuantitas.

Disampaikannya, KEN 2022 merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Adanya event parekraf ini diharapkan dapat membantu menggerakkan perekonomian nasional yang terpuruk akibat pandemi COVID-19. khususnya pada daerah dimana tempat dilaksanakan event. Indra suandy berharap mohon doa dan dukungan masyarakat kuansing agar pacu jalur dapat terlaksana tahun ini serta masuk dalam even KEN tersebut.

Indra suandy menghimbau masyarakat kuasing agar patuh dan disiplin dalam melaksanakan prokes.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami telah berkoordinasi dgn pemerintah provinsi Riau dalam hal ini Dinas Pariwisata provinsi Riau  utk melengkapi dokumen maupun persyaratan yg dibutuhkan. Dinas Patiwisata Riau sbg koordinator telah mengikuti tahapan wawancara, paparan persentasi kegiatan, sesuai dengan isian formulir event dengan didukung dokumentasi dalam bentuk foto / video pelaksanaan kegiatan," ujar indra suandy.***

Kategori : Umum, Kuansing
wwwwww