Rapat Pleno Komisi II DPR Tetapkan Anggota KPU & Bawaslu 2022-2027, Ini Daftar Terpilih

Rapat Pleno Komisi II DPR Tetapkan Anggota KPU & Bawaslu 2022-2027, Ini Daftar Terpilih

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung/F-DPR

Kamis, 17 Februari 2022 03:28 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Komisi II DPR telah menetapkan nama-nama anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2022-2027. Keputusan ini ditetapkan dalam rapat pleno pada Rabu malam, 16 Februari 2022, melansir Detik.com.

Rapat tersebut dilaksanakan setelah selesainya proses uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada para calon anggota yang terakahir dilaksanakan hari ini. Uji kelayakan dan kepatutan telah dilaksanakan sejak Senin, 14 Februari 2022 oleh Komisi Pemerintahan.

Wakil Ketua Komisi II dari Fraksi Partai NasDem, Saan Mustopa, yang menjadi pimpinan rapat uji kelayakan dan kepatutan terakhir, sempat menskors jalannya sidang pada pukul 22.43 WIB untuk mempersiapkan rapat pleno Komisi II.

"Siapa yang akan memilihnya nanti hasil rapat internal. Dengan demikian kita skors 15 menit, cukup? Saya skors 15 menit," ujarnya sambil mengetuk palu sidang.

Selanjutnya, pada pukul 01.18 WIB, Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia baru mencabut skorsnya. Para anggota DPR Komisi II telah melakukan pemilihan dengan mekanisme tanpa voting dan terpilihlah tujuh anggota komisioner KPU beserta lima anggora Bawaslu untuk lima tahun mendatang.

"Menjadi satu setengah jam itu menunjukkan bahwa memang ternyata tidak mudah untuk mencari yang terbaik. Kita melalukan proses dialog, dialektika, sampai pada perdebatan," ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan
wwwwww