Home > Berita > Umum

Tes Antigen secara Acak, 2 Penumpang Pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru Positif Covid-19

Tes Antigen secara Acak, 2 Penumpang Pesawat di Bandara SSK II Pekanbaru Positif Covid-19
Jum'at, 11 Februari 2022 06:16 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, Riau, melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang yang datang di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru. Penumpang yang datang mengikuti rapid test antigen guna mengantisipasi sebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih menyebut, tes antigen dilakukan secara acak bagi penumpang yang datang di Bandara SSK II Pekanbaru.

"Total sudah 180 sampel yang diambil dari penumpang pesawat. Dari jumlah itu, 3 orang di antaranya memiliki hasil reaktif," sebut Zaini dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (10/2/2022), melansir Kompas.com.

Menurutnya, jika terdapat penumpang yang memiliki hasil reaktif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. Mereka bakal menjalani tes swab guna memastikan Covid-19.

"Yang 3 reaktif ini kita lakukan swab dan sudah keluar. Hasilnya 2 orang dinyatakan positif Covid-19, dan langsung kita bawa ke tempat isolasi," ujar Zaini.

Selain itu, tambah dia, satgas juga melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif. Petugas melakukan penelusuran hingga 15 orang kontak erat dengan pasien positif.

Sebelumnya, Wali kota Pekanbaru Firdaus mengatakan, pihaknya telah memulai pemeriksaan bagi penumpang pesawat yang datang ke Kota Pekanbaru. Tim mengambil sampel penumpang secara acak.

"Dari penerbangan yang masuk kita ambil sampel 10 persen. Di situ kita juga menemukan (penumpang) yang reaktif dan yang positif," ujar Firdaus.

Menurutnya, pemeriksaan di areal bandara ini untuk memetakan sumber kasus Covid-19.Saat ini kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru kembali meningkat. Hasil penelusuran, diketahui banyak pasien positif dari para pelaku perjalanan yang datang dari luar kota.

Dari klaster pelaku perjalanan luar kota itu, baru muncul dan ditularkan klaster keluarga. Satgas Covid-19 Pekanbaru juga mengalami kesulitan dalam melakukan penelusuran. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww