Home > Berita > Umum

Saidul Amin Resmi Dilantik sebagai Rektor Umri Periode 2022-2024 Gantikan Mubarak

Selasa, 08 Februari 2022 17:25 WIB
Widya paramitha
saidul-amin-resmi-dilantik-sebagai-rektor-umri-periode-20222024-gantikan-mubarakMomen tatkala Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad MSc PhD (kiri) melantik Dr H Saidul Amin MA/F-ISTIMEWA

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof H Lincolin Arsyad MSc PhD resmi melantik Dr H Saidul Amin MA sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) periode 2022-2024 menggantikan Dr H Mubarak MSi, di Auditorium gedung KH Ahmad Dahlan Kampus Umri, Pekanbaru, Selasa (8/2/2022).

Ketua PP Muhammadiyah yang juga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof Dr H Muhadjir Effendy MAP dalam sambutannya berpesan untuk dapat menjaga perguruan tinggi Muhammadiyah jangan sampai berubah menjadi perguruan tinggi yang tidak menggambarkan misi dan visi Muhammadiyah.

“Orang baik banyak tapi orang yang berbuat baik tidak banyak. Jadi untuk menjadi orang baik-baik saja itu mudah, tapi untuk bisa menjadi orang yang berbuat baik itu tidak mudah. Saya sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi pendidikan, saya tahu persis, seluruh tim di jajaran Muhammadiyah telah bekerja keras bersama sama,” ucapnya.

Oleh karena itu, Muhadjir berharap betul ini adalah suatu langkah yang sangat positif dengan disaksikan kehadiran para tokoh-tokoh yang berkaliber bukan hanya dari provinsi Riau tapi juga dari luar provinsi Riau, ini disaksikan bahwa Universitas Muhammadiyah Riau ini akan bangkit melanjutkan apa yang telah dicapai ini ke jauh yang lebih cepat, lebih berprestasi ke depan.

Sementara itu, Rektor Umri Dr H Saidul Amin MA dalam sambutannya mengatakan kelebihan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dari Perguruan Tinggi lainnya adalah pada nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan, baik secara ideologis filsafat maupun dalam aspek praktis.

“Perguruan Tinggi Muhammadiyah tidak sekedar melahirkan orang yang paham keislaman, paham kemuhammadiyahan, tapi mereka harus membumi dalam kehidupan.  Alumni-alumni kita harus menjadi duta-duta besar Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat dan kampus ini. Kampus ini harus menjadi miniatur dari Muhammadiyah yang sesungguhnya,” kata Saidul Amin.

Saidul Amin juga mengatakan bahwa Universitas Muhammadiyah Riau harus tanggap ketika PP Muhammadiyah mendeklarasikan internasionalisasi Muhammadiyah.

“Maka jika hari ini mahasiswa-mahasiswa dari Malaysia, Kamboja dan Thailand hanya kuliah di UIN, UNRI dan mungkin di UIR, maka kedepan kita harus membuka pintu seluas-luasnya untuk untuk mahasiswa-mahasiswa internasional itu merindukan kuliah di perguruan tinggi tercinta ini” jelas Saidul Amin.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Afrizal Nasution yang turut hadir menyaksikan pelantikan rektor baru UMRI mengatakan, prosesi pelantikan rektor Umri berjalan sukses dan lancar.

“Dengan dilantiknya bapak Dr H Saidul Amin MA sebagai rektor UMRI pada masa jabatan 2022-2024 semoga Umri semakin maju,” kata Wagubri. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww