Home > Berita > Umum

Meriahnya Imlek ke-6 di Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis; Ulang Tahun Dewa Ching Cui Co She

Meriahnya Imlek ke-6 di Vihara Hok Ann Kiong Bengkalis; Ulang Tahun Dewa Ching Cui Co She

Kembang api di sekitar halaman Kelenteng Hock Ann Kiong, Bengkalis saat ulang tahun Dewa Ching Cui Co She, Sabtu (05/02/2022) malam.

Minggu, 06 Februari 2022 16:10 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Salah satu ritual saat Imlek yang dilakukan warga Tionghoa di Klenteng Hock Ann Kiong Jalan Yos Sudarso, Bengkalis pada malam keenam adalah merayakan ulang tahun Dewa Ching Cui Co She yang jatuh pada Ahad, 6 Februari 2022 bersamaan tahun 2572 penanggalan China.

Ratusan warga Tionghoa Bengkalis baik anak-anak, remaja maupun kaum tua terlihat berkumpul di halaman Klenteng yang resmi berdiri tahun 1828 sehingga telah berusia lebih kurang 194 tahun ini.

Sejak pukul 23.40 WIB, ritual memasang mercon pun bermula. Langit Kota Bengkalis terlihat indah oleh percikan api mercon yang memecah di udara. Suara dentuman juga menggema yang bisa terdengar dalam radius 10an kilometer.

Sementara di depan altar yang berada tepat di depan pintu masuk Kelenteng terlihat warga Tionghoa tadi khusyuk memanjatkan do'a tepat saat dupa yang mereka pegang telah mengeluarkan asap dan aroma kayu gaharu.

Kepada media ini, Agus warga Jalan Tandun, Bengkalis mengaku akan sembahyang pukul 12 tengah malam nanti. "Berdo'a untuk kemakmuran, kesehatan dan rejeki," kata Agus singkat karena kalah suara mercon yang menggema.

Kevin, warga Jalan Pattimura pula berdo'a, "Semoga tahun depan makin meriah. Semoga bos-bos besar baca, tahun depan dibikin makin meriah. Tahun kemarin tidak balik karena Covid-19," kata Kevin yang bekerja di Pekanbaru sambil memberikan jempolnya.

"Tadi do'a cari pasangan," ungkap Burhan berusia 37 tahun warga Jalan Diponegoro yang mengenakan baju merah pula.

Pada Ahad pagi, perayaan Ritual Tatong dilaksanakan di halaman Kelenteng secara sederhana dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan dikarenakan kondisi hujan, hanya berlangsung sekitar 2 jam saja.

"Ini (hujan) salah satu berkah. Biasa kan mulai jam sepuluh," kata Humas Klenteng Hock Ann Kiong Herman Kasuma kepada potretnews.com, Ahad (06/02/2022) siang. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww