Home > Berita > Umum

Diikuti SMA se- Riau, Unilak & Korem 031/Wirabima Gelar LKBB

Diikuti SMA se- Riau, Unilak & Korem 031/Wirabima Gelar LKBB
Selasa, 25 Januari 2022 15:30 WIB
Widya paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam upaya meningkatkan keterampilan pelajar dalam baris berbaris, Danrem 031 Wira Bima bersama Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) tingkat SMA sederajat se-Provinsi Riau.

Perlombaan yang dilaksanakan, Selasa (25/1/2021) di Kampus Unilak, Rumbai, Pekanbaru, tersebut, di buka lansung oleh Danrem 031/ Wirabima, Brigjen TNI M Syech Ismed SE MHan, yang juga dihadiri Gubernur Riau, Kapolda Riau, pimpinan DPRD Riau, Danlanud Roesmin Nurjasin, Kepala BIN Riau, Disdik Riau, seluruh civitas Unilak Riau serta undangan lainya.

Danrem 031 Wira Bima, Brigjen TNI M Syech Ismed dalam sambutannya, menyampaikan, tujuan perlombaam LKBB ini merupakan salah satu langkah untuk mensupport serta meningkatkan keterampilan pelajar dalam membentuk karakter pelajar menjadi lebih baik. Baik dalam bersikap, ketangkasan, disiplin, tanggung jawab dan lainya yang selama ini juga diberikan dan dipelajari di sekolah.

"LKBB ini sangat penting bagi pelajar, siswa sebagai generasi penerus bangsa, terutama dalam menanamkam kesadaran bela negara dan jiwa patriotisme. Sehingga kedepan dapat menjadi pemimpin bangsa yang beretika, berakhlak, sisiplin dan bertanggungjawab," kata Syech.

Sebelumnya, tambah Syech, untuk meningkatkan keterampilan pelajar ini, dia bersama jajaran Korem 031 Wira Bima juga telah membuat berbagai program untuk pelajar maupun mahasiswa di Riau. Di antaranya, pemahaman-pemahaman kenegaraan yang juga menjadi ilmu pengetahuan buat pelajar kedepan. Termasuk bagi para pelajar maupun siswa yang memiliki cita-cita masuk TNI maupun Polri.

"Program-program itu juga lansung kita sosialisasikan di sekolah, kampus, pesantren, dan lainya yang lansung mengunjungi sekolah untuk meberikan materi," ujar Syech.

Lebih jauh Jederal bintang satu ini mengharapkan perlombaan yang diselenggarakan tersebut mampu untuk memperdalam dan meningkatkan kemampuan bagi para pelajar lebih baik lagi. Terutama menjadi dasar dan moment bagi para pelajar di Riau untuk terus meningkatkan kemampuan keterampilan PBB kedepan.

"Saya harap para pelajar bisa mengikuti perlombaan ini dengan serius, penuh semangat dengan wujud kecintaan kepada NKRI. Kalian sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki karya yang lebih mulia dan komitmen yang kuat untuk melanjutkan serta mengamalkan tradisi nilai-nilai perjuangan para pendahulu. Terus belajar dan bekerja keras dalam mengisi kemerdekaan," pinta Syech.

Kepada panitia, Syech juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas pelaksa aan perlombaan ini. Diharapkan perlombaan ini berjalan lancar dan menghasilkan generasi luar biasa sesuai harapan.

"Kepada dewan juri saya minta bisa menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta berlaku adil dan jujur. Utamakan faktor keselamatan dan keamanan untuk semua dan tingkatkan kiorsinasindengan baik," 

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi menyebutkan kegiatan lomba PBB ini merupakan bagian dari komitmen Unilak untuk mendukung peningkatan keterampilan generasi muda di Riau sebagai calon pemimpin masa depan bangsa. 

"Generasi muda di tingkat SMA, harus ditumbuhkan semangat kedisiplinan, kekompakan, semangat juang, bela negara, cinta tanah air, dan kebersamaan, dari kegiatan ini tumbuh nilai nilai positif bagi peserta yang nantinya akan berguna ketika telah menjadi pemimpin pemimpin bangsa," ujarnya. 

Pelaksanaan lomba ini sangat antusias diikuti oleh sekolah sekolah di Riau dan melebihi dari target peserta, bahkan beberapa sekolah di Riau tetap ingin ikut mesti waktu pendaftaran telah di tutup. 

"Ada 60 tim, bahkan beberapa sekolah mengirimkan dua tim. Sekolah tidak hanya berasal dari Pekanbaru, juga ada dari Rohul, Kampar, Siak, Bengkalis, dan Pelalawan. Pelaksanaan berlangsung selama tiga hari," ujar Dr Junaidi. 

Di sebutkan Dr Junaidi, Unilak bersama Danrem menyediakan hadiah berupa piala bergilir, piagam dan uang tunai bagi para pemenang. Kegiatan ini akan berlangsung tiap tahun, dan tahun ini pelaksanaan tetap dengan protokol kesehatan, peserta sudah divaksin. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww