Home > Berita > Umum

Fakultas MIPA dan Kesehatan UMRI Adakan Pendampingan Simulasi Media Pembelajaran bagi Guru SMA

Rabu, 19 Januari 2022 12:05 WIB
Widya Paramitha
fakultas-mipa-dan-kesehatan-umri-adakan-pendampingan-simulasi-media-pembelajaran-bagi-guru-smaSuasana kegiatan pendampingan simulasi media pembelajaran yang digelar di kampus utama Umri/F-ISTIMEWA

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dekan Fakultas Matematika Ilmu Penngetahuan Alam (MIPA) dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Juli Widiyanto SKep MKes Epid, membuka kegiatan Pendampingan Simulasi Media Pembelajaran yang digelar di kampus utama Umri, Jalan Tuanku Tambusai Ujung, Pekanbaru, Senin (17/1/2022).

Kegiatan yang menurut rencana digelar selama dua hari, 17-18 Januari, ini merupakan kegiatan lanjutan yang telah dilakukan sebelumnya oleh Program Studi Fisika dan mendapat antusias yang tinggi dari peserta. Ketua Program Studi Fisika, Shabri Putra Wirman MSi menyampaikan bahwa penggunaan simulasi interaktif phET bisa dijadikan alternatif media pembelajaran sekaligus sebagai virtual lab bagi guru SMA.

"Sehingga guru-guru SMA dapat melakukan pembelajaran yang mudah, menarik, dan pastinya dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas. Pada kegiatan kali ini Program Studi Fisika mengundang seluruh guru IPA SMA se-Kota Pekanbaru. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh siswa-siswi SMA se-Kota Pekanbaru," ujar Shabri Putra.

Acara kemudian diisi dengan arahan mengenai pendidikan dan tujuan pembelajaran oleh Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Sri Fitria Retnawaty SSi MT, dalam arahannya ia menyampaikan bahwa pentingnya membekali peserta didik dengan skills yang diperlukan di masa depan dalam menghadapi era industri 4.0, diantaranya problem solving, critical thingking dan creativity sehingga peserta didik mampu beradaptasi dengan hilangnya berbagai jenis pekerjaan karena sudah digantikan mesin serta banyaknya jenis pekerjaan-pekerjaan baru yang akan muncul di masa depan yang belum ada saat ini.

Salah satu peserta, Masrohandi SSi memberikan kesan selama mengikuti kegiatan ini bahwa program ini menarik dan memberikan alternatif metode dan media pembelajaran, sehingga sangat membantu para guru dalam menyampaikan maksud dan tujuan dari setiap materi sehingga membuat proses belajar mengajar agar menjadi lebih menarik dan mudah dipahami.

Target kelanjutan dari kegiatan ini kedepannya Program Studi Fisika Universitas Muhammadiyah Riau akan melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah yang telah menjadi peserta untuk dilakukan pembinaan dalam implementasi media pembelajaran maupun optimalisasi penggunaan Laboratorium sekolah. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww