Home > Berita > Umum

23 Titik Panas Terpantau di Riau, Tersebar di 6 Wilayah

23 Titik Panas Terpantau di Riau, Tersebar di 6 Wilayah
Sabtu, 15 Januari 2022 12:18 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebanyak 23 titik panas atau hotspot mulai terpantau di Provinsi Riau, Sabtu (15/1/2022). Hal ini berdasarkan keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Sanya Gautami mengatakan, akhir pekan ini pihaknya mencatat ada sekitar 23 titik panas muncul di Riau.

"Jumlah ini cukup banyak jika dibandingkan hari-hari sebelumnya yang bahkan nihil titik panas. Namun hari ini terpantau 23 titik panas," ujar Sanya Gautami, dilansir dari Cakaplah.com.

Ia mengatakan 23 titik panas tersebut tersebar di 6 wilayah dengan sebaran terbanyak berada di Kabupaten Indragiri Hilir yakni 15 titik.

"Selanjutnya di Kabupaten Bengkalis 3 titik, Kota Dumai 2 titik serta Kabupaten Kepulauan Meranti, Kampar dan Indragiri Hulu masing-masing satu titik," ucapnya.

Dari jumlah tersebut, 3 titik berada di level rendah dan sisanya berada di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Waspadai aktivitas yang dapat menimbulkan api di wilayah yang rawan menimbulkan kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0–33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50–95 %. Sementara arah angin berhembus ke Utara–Timur dengan kecepatan 10–36 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50–1.25 meter. Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 2,0 meter di wilayah Perairan Bintan.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww