Home > Berita > Umum

Seekor Anak Kucing Hutan Diselamatkan Tim BBKSDA, Ditemukan di Kebun Sawit Warga Kampar

Seekor Anak Kucing Hutan Diselamatkan Tim BBKSDA, Ditemukan di Kebun Sawit Warga Kampar
Jum'at, 14 Januari 2022 08:22 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Tim Resque BBKSDA Riau menyelamatkan seekor anakan kucing hutan dari seorang warga yang baik hati bernama Elvira. Warga Desa Danau Bingkuang, Kabupaten Kampar ini secara sukarela menyerahkan satwa anakan kucing hutan, Senin (10/1/2022) lalu.

Proses penjemputan dilakukan tim Resque bersama tim dari Yayasan Cinta Satwa Riau dan melakukan proses serah terima. Saat tim datang ke lokasi, Elvira menyambut kedatangan tim dengan suka cita.

Plh Kepala BBKSDA Riau, Hartono Kamis (13/1/2022) kemarin mengatakan, menurut
Elvira anakan kucing hutan ini ditemukan pada Sabtu (8/1/2022) di kebun sawit milik keluarganya.

“Anakan kucing hutan itu ditemukan saat membersihkan kebun,” kata Hartono, seperti yang dilansir dari laman Media Center Riau.

Saat ditemukan, pihak keluarga, kata Hartono, sempat cukup lama menunggu kedatangan induk kucing hutan tersebut. Namun, karena tidak muncul diputuskan dibawa pulang.

“Jadi maksud pihak keluarga di bawa pulang, karena ingin diserahkan kepada kita,” ungkap Hartono.

Hal ini lanjut Hartono, sesuai keterangan pihak keluarga bahwa mengetahui satwa itu merupakan salah satu jenis yang dilindungi.

Sementara itu, saat tim datang dan melakukan pengamatan kondisi satwa dipastikan dalam kondisi terawat, tidak ditemukan cacat atau pun luka luka di bagian tubuhnya dan lincah serta sedikit jinak.

Selanjutnya, tim gabungan yang turun langsung memindahkan satwa ke kandang evakuasi untuk diangkut ke Pekanbaru. Untuk kemudian dilakukan observasi lebih lanjut.

Selain untuk menjemput satwa tersebut, lanjut Hartono, tim yang turun juga turut memberikan sosialisasi kepada warga Desa Danau Bingkuang untuk tidak memelihara satwa yang dilindungi tanpa ijin yakni tidak melalui Penangkaran atau Lembaga Konservasi. Kemudian, agar selalu berkomunikasi dengan Balai Besar KSDA Riau terkait satwa yang dilindungi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Elvira, semoga kebaikannya akan dibalas Tuhan dengan cara Nya untuk kakak dan seluruh keluarga. Aamiin,” pungkas Hartono.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Kampar, Riau
wwwwww