Home > Berita > Umum

Konversi Sudah Diumumkan, Bank Riau Kepri Ganti Nama Jadi Bank Riau Kepri Syariah

Konversi Sudah Diumumkan, Bank Riau Kepri Ganti Nama Jadi Bank Riau Kepri Syariah
Rabu, 05 Januari 2022 12:05 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — PT Bank Riau Kepri mengumumkan proses konversi perseroan dengan mengubah nama menjadi PT Bank Riau Kepri Syariah. Berdasarkan pengumuman yang dipublikasikan di Harian Bisnis Indonesia edisi Rabu (5/1/2022), direksi perseroan meminta doa dan restu atas proses konversi yang dilakukan agar berjalan dengan lancar dan diberi kemudahan.

Hal ini dilakukan sesuai dengan rencana bisnis bank PT Bank Riau Kepri tahun 2022 yang akan melakukan perubahan kegiatan usaha dari konvensional menjadi kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah.

“Berkenaan dengan hal tersebut, kami mohon perkenan seluruh nasabah pemilik rekening giro, tabungan, deposito, dan nasabah kredit dapat mengunjungi kantor PT Bank Riau Kepri terdekat untuk mendapatkan informasi sekaligus persetujuan konversi syariah,” tulis direksi, dikutip Rabu (5/1/2022), melansir antaranews.com.

Meskipun perseroan mengumumkan proses konversi ke layanan syariah, direksi menekankan bahwa seluruh catatan dan data nasabah untuk semua produk layanan dan jasa tidak mengalami perubahan, seperti nama nasabah, nomor rekening, dan data individual lainnya.

“[Produk layanan dan jasa] tetap berlaku dan menggunakan data yang sama,” jelasnya.

Lebih lanjut, semua biaya yang timbul dari pelaksanaan perubahan transaksi produk kegiatan usaha konvensional menjadi produk berdasarkan prinsip syariah tidak dibeberkan kepada nasabah dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab bank.

Sebelumnya, berdasarkan laporan keuangan perseroan pada kuartal III/2021, Bank Riau Kepri membukukan laba bersih tahun berjalan senilai Rp329,83 miliar. Realisasi laba tersebut disumbang oleh pendapatan bunga senilai Rp1,64 triliun dan pendapatan bersih senilai Rp966,57 miliar.

Adapun, beban bunga pada periode ini sebesar Rp676,39 miliar, turun dibandingkan dengan beban bunga pada September 2020 yang senilai Rp710,27 miliar. Dari sisi kredit, Bank Riau Kepri mencatatkan penyaluran senilai Rp14,70 triliun, sedangkan pada akhir 2020 senilai Rp16,22 triliun.

Selain itu, pembiayaan syariah yang disalurkan senilai Rp4,04 triliun, melonjak jika dibandingkan dengan realisasi akhir tahun lalu, yang senilai Rp2,73 triliun. Sementara, dari sisi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) senilai Rp25,32 triliun, naik 14,41 persen dari Rp22,13 triliun pada akhir Desember 2020 (year-to-date/ytd). Dengan demikian, Bank Riau Kepri mencatatkan pertumbuhan aset sebesar 6,38 persen ytd, dari Rp28,19 triliun menjadi Rp29,99 triliun. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww