Peringkat 2 Nasional, Ekspor Komoditi Pertanian Riau Sumbang Rp2,4 Triliun

Peringkat 2 Nasional, Ekspor Komoditi Pertanian Riau Sumbang Rp2,4 Triliun
Jum'at, 31 Desember 2021 21:10 WIB
WAHYU ABDILLAH
DUMAI, POTRETNEWS.com - Di penghujung tahun 2021, ekspor komoditi pertanian, perkebunan dan peternakan di Provinsi Riau berhasil menduduki peringkat kedua nasional. Posisi ini berada di bawah Provinsi Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh Plh Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Pekanbaru, Apap Syarifuddin, dalam acara Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021 di Dumai, Jumat (31/12/2021). Menurut Apap, pada pelepasan ekspor yang dilaksanakan secara serentak melalui virtual di 34 provinsi di Indonesia ini, Riau menyumbang Rp2,4 triliun. Dan capaian ini akan meningkat lagi di tahun depan karena adanya program-program yang digesa dan didukung oleh Gubernur Riau.

“Saat ini, Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Pekanbaru yang mengurus wilayah Riau menyumbang Rp2,4 triliun dari Rp14 triliun secara nasional. Kita yakin akan meningkat lagi di tahun depan karena adanya program-program yang digesa dan didukung oleh Bapak Gubernur Riau," papar Apap dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, total ekspor dari Riau pada tahun 2021 adalah sebesar 39 triliun rupiah untuk komoditas pertanian, perkebunan dan peternakan. Di mana terjadi peningkatan sebesar 16,5 persen dari tahun sebelumnya. Persentase peningkatan ini pun lebih tinggi dari nasional yang hanya sebesar 12 persen.

Mendengar paparan tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi mengatakan bahwa nilai ekspor yang diraih Riau berada di posisi kedua nasional di bawah Jawa Timur yang mencapai Rp2,7 triliun.

"Saat ini Riau telah menjadi salah satu penyumbang ekspor Indonesia. Angkanya pun tidak sedikit. Berada di peringkat kedua dengan nilai Rp2,4 triliun, di bawah Jawa Timur peringkat pertama Rp2,7 triliun,” ucap Gubri.

Karena itu, Syamsuar mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat petani di Riau dan semua pihak yang berperan dalam terwujudnya nilai ekspor yang tinggi itu.

"Atas keberhasilan ini kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat petani khususnya dan termasuk para pengusaha eksportir, forkopimda, Bupati dan Wali Kota serta semua pihak yang membantu terwujudnya ekspor kali ini,” ulas Gubri.

Acara Gebyar Ekspor Tutup Tahun 2021 ini dilaksanakan secara serentak dan virtual di 34 provinsi di Indonesia. Acara dipusatkan di Makasar, Sulawesi Selatan. Pelepasan ekspor secara nasional dilakukan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi didampingi Menteri Pertanian RI Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MH.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian menyebutkan bahwa keberhasilan pertumbuhan di bidang pertanian, perkebunan dan peternakan, hingga terwujudnya ekspor ini tak terlepas dari peran Polri yang mengawal, mendukung dan mengamankan para pelaku pertanian, serta program-program yang dijalankan Kementan. Karena itulah ekspor kali ini dilepas oleh Kapolri.

"Selama beberapa tahun ini, khususnya di masa pandemi, Polri telah banyak membantu memberi dukungan dalam peningkatan kualitas pertanian. Bahkan di saat semua sektor minus karena dampak pandemi, pertanian justru tumbuh 16,24 persen," ucap mantan Gubernur Sulawasi Selatan 2 periode itu.

Sementara itu, Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih karena telah dilibatkan dalam proses membantu para petani di Indonesia agar tumbuh dan berkembang. Beliau juga mengatakan bahwa Polri memiliki kewajiban untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

“Terima kasih karena lembaga kepolisian diajak untuk melakukan pengawalan dan pendampingan serta pengamanan terhadap kegiatan-kegiatan strategis dalam bidang pertanian," paparnya.

Menurut Jenderal Listyo, wajib bagi Polri untuk mendorong seluruh petani dan peternak untuk terus bisa meningkat kesejahteraannya dengan cara mengawal dan menjaga. "Sehingga produk-produk pertanian bisa unggul, nilai tukar petani benar-benar bisa kita jaga dan petani mendapat nilai lebih saat menjual hasil-hasil pertanian mereka," pungkas mantan Kabareskrim Polri itu.***

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww