Home > Berita > Umum

Diawali Rapat Paripurna Andalan Cabang, Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis Taja Rakercab

Diawali Rapat Paripurna Andalan Cabang, Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis Taja Rakercab

Suasana Rapat Paripurna Andalan Kwarcab Bengkalis di hari pertama, Rabu (22/12/2021) petang.

Kamis, 23 Desember 2021 12:06 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Selama dua hari, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2021.

Sebelum Rakercab, Kamis sampai Jum'at, 23-24 Desember 2021, diawali dengan Rapat Paripurna Andalan Cabang. Dalam rapat ini akan dibahas tentang kesiapan masing-masing bidang dan anggotanya untuk masukan-masukan yang kemarin diserahkan kepada panitia pengarah rapat lalu disinkronkan dengan Rapat Paripurna yang bermula pada hari ini, Rabu 22 Desember 2021.

Hal ini sebagaimana dikatakan Wakil Ketua Pengawasan, Penelitian dan Evaluasi (Waslitev), Kak Andri Asmara, "Masukan hari ini menjadi bahan masukan esok harinya pada Rapat Kerja Cabang Gerakan Pramuka Bengkalis," katanya kepada potretnews.com, Rabu (22/12/2201) petang.

Diterangkan Kak Andre Asmara, selama masa pandemi Covid-19, telah disusun kurikulum latihan Pramuka tetapi terlambat diterima Kwarcab Bengkalis. "Kurikulum latihan Pramuka masa pandemi ini diperlukan sehingga apakah metode latihan pramuka ini hybrid, yaitu perpaduan antara latihan secara tatap muka atau offline atau latihan Kepramukaan secara online. Sampai saat ini kita belum mendapatkan kurikulum tadi, mudah-mudahan dalam Rakercab esok, bisa menghasilkan hal yang kita inginkan bersama sehingga tidak ada kegiatan yang berkurang, semangat adik-adik, pemberian motivasi dan begitu juga kepada pembina, guru-guru, kepala sekolah yang rata-rata Gerakan Pramuka ini berasal dari sekolah-sekolah tempat berpangkalannya yang Gugus Depan (Gudep)," terangnya.

Diungkapkan Kak Andri Asmara, level PPKM sudah lebih baik daripada sebelumnya sehingga anggota Pramuka, Pembina dan para Pelatih bisa melaksanakan kegiatan sekalipun terbatas dan tetap menerapkan prokes (Protokol Kesehatan).

"Kegiatan nasional dalam waktu dekat yaitu dilaksanakannya Jambore Nasional tahun 2022, tak lama kemudian akan dilaksanakan juga Jambore Internasional di Korea Selatan. Harapan kita, adik-adik dapat mengikutinya. Dari sekarang tetap jaga kesehatan, keterampilan Kepramukaannya tetap harus ditingkatkan sehingga pada dua jambore tadi, adik-adik bisa mengikutinya dengan baik," harap Kak Andri Asmara.

Di waktu dan di tempat yang sama yaitu padandua ruangan di Bumi Perkemahan (Buper) Pawang Perkasa Kelapapati Darat /, selain Rapat Paripurna Andalan Cabang juga dilaksanakan Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega (Muspanitera).

"Baik Muspanitera maupun Rakercab diikuti oleh seluruh Kwartir Ranting yang ada di Kwarcab Bengkalis tapi ada dua Kwaran yang tidak dapat mengirimkan karena satu dan lain halnya sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan ini.

Muspanitera diikuti oleh adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega dengan dua orang utusan perKwaran yang ada di Kwarcab Bengkalis. Begitu pula Andalan Ranting yang mengikuti Rapat Kerja Cabang harus berdasarkan jabatan yaitu Ketua dan Sekretaris," kata Kak Andri Asmara di akhir wawancara. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww