Home > Berita > Umum

Dilepas Menuju Jambore Daerah Tahun 2021, 32 Penggalang Kwarcab Bengkalis Diminta Jaga Nama Baik

Dilepas Menuju Jambore Daerah Tahun 2021, 32 Penggalang Kwarcab Bengkalis Diminta Jaga Nama Baik

Anggota Pramuka Penggalang Kwartir Cabang 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis yang mengikuti Jambore Daerah Riau tahun 2021.

Sabtu, 18 Desember 2021 08:26 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Seramai 32 anggota Pramuka Penggalang dari Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis dilepas menuju Jambore Daerah (Jamda) Riau Tahun 2021.

Acara pelepasan langsung dilakukan Ketua Kwarcab Bengkalis, Kak H Bustami,HY di Telaga Suri Perdana, Sungai Pakning, Kamis 16 Desember 2021 kemarin.

Pimpinan Kontingen Kak M Sarbini dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta dari Kwartir Cabang Bengkalis merupakan Pramuka Penggalang pilihan utusan dari sebelas Kwartir Ranting se-Kwartir Cabang Bengkalis. Selama dua hari dilakukan pemantapan di Telaga Suri Perdana, PT Pertamina (Persero) RU II Production, Sungai Pakning.

"Sebagaimana kita pahami, jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang sebagai sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. Demikian juga Jambore Daerah Riau Tahun 2021 ini, yang bertujuan untuk mengembangkan sikap takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, teguh, mandiri, peduli dan bertanggungjawab, meningkatkan wawasan kebangsaan serta rasa persaudaraan dan persatuan," kata Kakwarcab, Kak H Bustami,HY saat memberikan sambutan, Kamis (16/12/2021) kemarin.

Hal ini, sambung Kak Bustami, sejalan dengan tujuan Gerakan Pramuka yakni untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gerakan Pramuka juga berusaha agar setiap peserta didik dapat mengamalkan Pancasila serta berperan aktif dalam melestarikan lingkungan hidup.

"Berlandaskan kepada tujuan-tujuan tersebut, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau menyelenggarakan Jambore Daerah Riau Tahun 2021 pada 17-21 Desember 2021 di Bumi Perkemahan Sialang Rampai Kwartir Cabang Pekanbaru. Sebagai sebuah kegiatan yang menitikberatkan kepada rekreasi edukatif di alam terbuka, tentu di dalam Jambore Daerah Riau Tahun 2021 ini para peserta akan memperoleh pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan baru. Untuk itu, kepada para peserta yang mewakili Kwartir Cabang Bengkalis, Kakak himbau dan berharap agar pengalaman, pengetahuan dan ketrampilan tersebut dijadikan bahan untuk menambah wawasan dan ketrampilan yang kelak dapat dimanfaatkan, baik untuk diri sendiri maupun pangkalannya," pesan Kak H Bustami.

"Di samping itu, sebagai wakil dari seluruh Pramuka Penggalang yang ada di Kwartir Cabang Bengkalis, adik-adik juga merupakan representasi dan sekaligus duta dari mereka. Untuk itu, jagalah nama baik Pramuka Penggalang Kwartir Cabang Bengkalis yang diwujudkan dengan tetap berdisiplin, kompak, mandiri serta tetap taat kepada Kode Kehormatan seorang pramuka. Tri Satya dan Dasa Darma selalu menjadi pegangan dan acuan dalam bertindak.

Kepada Kakak-Kakak Pembina, baik pimpinan kontingen, pembina pendamping maupun pembantu pembina pendamping, tetaplah awasi adik-adik kita dan berikan pembinaan dan pendampingan dengan tetap berpedoman kepada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukan serta Sistem Among, khususnya prinsip Ing Madya Mangun Karsa. Di tengah-tengah membangun kemauan," harap Kak Bustami pula.

"Pelaksanaan Jambore Daerah Riau Tahun 2021 ini masih dalam kondisi prihatin karena bencana merebaknya Virus Covid-19 belum sepenuhnya teratasi. Pada kesempatan ini, saya berpesan agar disiplin untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak serta menjauhi kerumunan. Karena hari ini, hal-hal tersebutlah yang dapat kita lakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus ini.

Kepada para kakak pembina, saya tegaskan agar dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Semoga Allah SWT segera mengenyahkan bencana yang menimpa kita ini," ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Kakwarcab Kak H Bustami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Manager PT Pertamina (Persero) RU II Production Sungai Pakning beserta staff yang telah memberikan dukungan dan bantuannya sehingga pemantapan Kontingen Kwartir Cabang Bengkalis ke Jambore Daerah Riau dapat terlaksana dengan baik.

Terima kasih juga disampaikan Kak Bustami kepada Kepala UPT Puskesmas Bukit Batu di yang telah membantu pelaksanaan Rapid Antigen. Selanjutnya, terima kasih beliau kepada para Camat se-Kabupaten Bengkalis serta semua pihak yang telah membantu dari pemantapan hingga keberangkatan kontingen tadi.

Kontingen Kwarcab Bengkalis berangkat dari Sungai Pakning pada Jum'at (17/12/2021) pukul 06.15 WIB pagi tadi dan telah bergabung bersama 352 Pramuka Penggalang dari 11 Kwarcab yang ada di Kwarda 04 Riau mengikuti 7 kelompok kegiatan. Kegiatan umum, ketrampilan, petualangan, karya wisata, kegiatan bakti, seni budaya dan kegiatan khusus. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww