Home > Berita > Umum

Mahasiswa FH Unilak Dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik Green Leadhership Indonesia

Mahasiswa FH Unilak Dinobatkan sebagai Lulusan Terbaik Green Leadhership Indonesia
Jum'at, 17 Desember 2021 17:40 WIB
Widya Paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Wiriyanto Aswir yang mengikuti Program Greeen Leadhership Indonesia yang di taja oleh Institute Hijau Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai peserta terbaik angkatan pertama tahun 2021.

Peserta program GLI ini berasal dari seluruh Indonesia yang diseleksi dari 300 peserta hingga lolos menjadi 118 peserta. Selama mengikuti program ini peserta mendapatkan berbagai materi pelatihan diantaranya tentang masa depan Indonesia, Lingkungan, penegakan hukum, keadilan ekonomi, dan juga diberikan peningkatan keterampilan menulis, pembuatan reportase, keterampilan dasar kepemimpinan, komunikasi dan lain lain.

Atas pencapaian ini Wiriyanto mendapatkan piagam penghargaan yang langsung di tandatangani oleh Kementerian LHK Dr. Siti Nurbaya, selama di jakarta juga dirinya juga berdialog dan berkesempatan berfoto. Pelaksanaan wisuda dan pemberian penghargaan dilakukan di Jakarta di Auditorium KLHK 15 Desember lalu. 

Wiriyanto yang dihubungi, Jumat 17 Desember mengatakan rasa senang dapat penghargaan dan berjumpa langsung dengan Menteri. Kegiatan ini diadakan oleh Institute Hijau Indonesia yang menaja program Green Leadership Indonesia yang diinisiasai oleh Walhi, Huma dan KNTI. 

Wiriyanto menceritakan keikutsertaannya, dikatakanya lulus melalui seleksi tahap awal kelas untuk mempersiapkan pemimpin muda yang berperspektif hijau mewujudkan keadilan sosial dan keadilan lingkungan yang dilaksanakan selama 6 bulan. " Dari 300 peserta yang lolos tahap awal kemudian diseleksi menjadi 118 orang yang diwisuda puncaknya terpilih peserta terbaik melalui penilaian dari penyelenggara dan langsung diwisuda oleh bu Menteri.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Dr. Fahmi SH.MH yang dikonfirmasi atas prestasi yang diraih mahasiswanya merasa bangga dan senang. Selamat untuk Wiriyanti Aswir (Rian). Rian adalah mahasiswa FH Unilak semester V yang aktif dalam kegiatan organisasi dalam dan luar kampus.  "Selamat untuk Rian, dan mendapatkan penghargaan sebagai peserta terbaik, semoga ini menjadi motivasi bagi mahasiswa fakultas hukum lainnya. Fakultas Hukum akan memberikan apresiasi atas prestasi yang di raih mahasiswa."

Sementara itu Menteri KLHK Dr. Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi atas prakarsa yang penting, yaitu Green Leadership Indonesia. Pemuda dalam konteks lingkungan, dimana setiap warga negara berperan aktif dan mengambil peran, terutama pemuda sebagai penggerak, dalam upaya menciptakan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Green Leadership (Kepemimpinan Hijau) adalah kemampuan dari seorang individu pemimpin dalam menentukan kebijakan yang pro lingkungan dan dapat mempengaruhi serta memobilisasi individu lain dalam organisasi untuk mendukung dan mengimplementasikan kebijakan pro lingkungan tersebut.

"Generasi muda menjadi potensi strategis dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup. Sebagai generasi muda yang mencintai dan melestarikan alam. sekitar,berarti juga perwujudan nyata dalam mensyukuri anugerah Tuhan yang amat bernilai bagi kehidupan." Sebut Dr. Siti Nurbaya. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww