Home > Berita > Umum

Hujan tak Halangi Bupati Bengkalis Resmikan Festival Budaya Bahari Pantai Indah Selatbaru Tahun 2021

Hujan tak Halangi Bupati Bengkalis Resmikan Festival Budaya Bahari Pantai Indah Selatbaru Tahun 2021
Selasa, 07 Desember 2021 08:16 WIB
Junaidi Usman

SELATBARU, POTRETNEWS.com — Hujan yang membasahi Pantai Indah Selat Baru, Kecamatan Bantan tidak menjadi halangan bagi Bupati Bengkalis untuk membuka acara Festival Budaya Bahari Pantai Indah Selat Baru pada Senin (6/12/2022) pagi tadi.

Dalam sambutannya, Bupati Kasmarni yang diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso mengatakan, "Pariwisata merupakan salah satu potensi yang harus dieksplorasi, mengingat pariwisata merupakan salah satu industri yang dapat menopang pergerakan ekonomi negara dan daerah. Alhamdulillah, kita patut bersyukur, karena kita memiliki potensi pariwisata alam dan pantai, salah satunya Pantai Indah Selat Baru dan potensi pariwisata budaya dan tradisi masyarakat lokal yang masih terawat dan terjaga," kata Wabup Bagus Santoso.

"Ketika dua potensi besar pariwisata yang kita miliki ini dapat kita padu serasikan, tentunya akan menjadi sebuah potensi besar dalam memajukan serta mengembangkan sektor pariwisata di Kabupaten Bengkalis karena, selain disuguhkan oleh keindahan panorama alam dan pantai yang indah, para wisatawan juga dapat menikmati indahnya budaya dan tradisi masyarakat lokal yang masih melekat di tengah arus globalisasi saat ini," ungkap Wabup Bagus Santoso.

Oleh karenanya, Lanjut Bagus Santoso, melalui festival yang dilaksanakan ini, tentunya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berharap, dapat menjadi wahana untuk terus mengembangkan pariwisata Kabupaten Bengkalis melalui pendekatan sistem yang utuh dan terpadu. Karena pengembangan pariwisata tanpa kehadiran budaya dan tradisi akan kehilangan daya tariknya. Sebaliknya pula, budaya dan tradisi akan mengalami kendala pelestarian dan regenerasi pelaku bila tidak menjadi bagian dari atraksi wisata.

"Kepada seluruh elemen masyarakat Kecamatan Bantan khususnya, budaya dan tradisi masyarakat lokal harus dapat kita kemas, agar menjadi atraksi wisata yang menarik untuk dinikmati kedepannya. Hal tersebut tentunya sejalan dengan tema Festival Budaya Bahari Pantai Indah Selatbaru Tahun 2021 ini “Menjunjung Tinggi Budaya dan Tradisi, Masyarakat Bengkalis Berjati Diri”.

Diutarakan Wabup Bagus Santoso bahwa Pemkab Bengkalis, secara tegas akan tetap memberikan arah pembangunan pariwisata dengan tetap menjadikan kesenian dan kebudayaan tradisional sebagai wahana bagi pengembangan pariwisata nasional dan daerah.

"Dalam Misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis 2021-2026, kita akan mengoptimalkan pengelolaan potensi sumber daya alam yang efektif dalam memajukan perekonomian serta menguatkan nilai-nilai budaya dalam mengembangkan potensi wilayah perbatasan untuk kesejahteraan rakyat," ungkapnya lagi.

Termasuk didalamnya, terang Bagus Santoso megoptimalkan potensi pariwisata alam dan pantai serta pariwisata budaya dan tradisi untuk disinergikan dan kolaborasikan menjadi satu kesatuan, yang kesemuanya akan bermuara pada terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera.

"Saat ini, kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama DPRD Kabupaten Bengkalis telah menyiapkan langkah-langkah konkrit, dengan menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Bengkalis sebagai pedoman kita memajukan pariwisata daerah. Dan saat ini sedang dilakukan penyusunan Rencana Induk Rencana Detail, Master Plan, Feasibility Study dan Penyusunan Detail Ebgineering Design Pembangunan Pariwisata Bengkalis," beber Wabup Bagus Santoso pula.

"Pada kesempatan yang sangat berbahagia ini, kami sangat mengharapkan dukungan penuh dari kita semua, agar kami dapat mengembangkan destinasi pariwisata khususnya pantai Selat Baru ini. Jika hal ini bisa tercapai, maka yakinlah, sektor ekonomi meliputi jasa dan ekonomi kreatif akan bergerak dengan cepat di Destinasi Pariwisata Pantai Selat Baru ini dan akan menjadi salah satu sektor andalan di Kabupaten Bengkalis bahkan Provinsi Riau kedepannya, tutup Bagus.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Alwizar,SKM dalam laporannya mengatakan, "Kebangkitan dunia kepariwisataan telah memberikan peluang baru bagi pemerintah dalam meningkat sektor ekonomi masyarakat dan sekaligus pendapatan daerah. Oleh sebab itu pariwisata menjadi Lokomotif Ekonomi Baru (The Tourism as New Economic Locomotive).

*Pariwisata merupakan salah satu dari 8 Program Unggulan Kabupaten Bengkalis.

*Pembenahan di berbagai sektor dan pemasaran (promosi) yang gencar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Ketua Panitia.

Kegiatan yang dilaksanakan :

1. Perlombaan Permainan Rakyat :Lomba Gasing, Layang-Layang, Lomba Jong, Lomba Layar dan Panjat Pinang

2. Perlombaan Melukis tingkat SD, SLTP dan SLTA (pa/pi)

3. Perlombaan Mewarnai tingkat TK (pa/pi)

Peserta yang mengikuti festival ini berasal dari tim/desa/ Kecamatan Bengkalis dan Bantan ditambah beberapa tim dari luar 2 kecamatan tadi. Pada kesempatan ini, juga dilaunching logo, tagline dan jingle pariwisata Kabupaten Bengkalis yang merupakan pemenang hasil penilaian para juri dalam lomba yang telah dilaksanakan Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga Disparbupora Kabupaten Bengkalis beberapa hari lalu yang diharapkan kepada perusahaan Ro-Ro, hotel dan restoran untuk dapat memperkenalkan dan mendengarkan kepada masyarakat luas.

Hadir dalam acara pembukaan festival yang akan berlangsung selama 2 hari hingga esok, Selasa (7/12/2021) ini Staf Ahli Bupati Al-Fakhrurrazi, Toharuddin, Ketua Pengadilan Agama Dr Hasan Nul Hakim,SHI,MA, Waka Polres Bengkalis Aslely Farida Turnip, Dandim 0303/ Bkls diwakili Danramil 01/ Bkls Kapten Arh Isnanu, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pertama, Camat Bantan, Camat Rupat Utara dan tamu undangan lainnya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww