Home > Berita > Umum

Warga Bengkalis Diimbau Bupatinya Tanam Minimal 5 Pohon di Sekitar Rumah

Warga Bengkalis Diimbau Bupatinya Tanam Minimal 5 Pohon di Sekitar Rumah

Bupati Bengkalis Kasmarni menanam 1 bibit pohon saat Gerakan Penanaman 1 Pohon 1 Orang di Pelabuhan Internasional BSSR Selat Baru, Selasa (16/11/2021).

Rabu, 17 November 2021 09:28 WIB
Junaidi Usman

SELATBARU, POTRETNEWS.com — Dalam upaya menciptakan lingkungan yang teduh oleh pepohonan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bengkalis melakukan Gerakan Penanaman 1 Pohon 1 Orang, Selasa (16/11/2021).

Dipilihnya Pelabuhan Internasional Bandar Seri Setia Raja (BSSR) Selat Baru Kecamatan Bantan menjadi titik awal sajian pemandangan bagi para pelancong negara Malaysia maupun negara lainnya ketika tiba di Indonesia khususnya Bengkalis agar kesan positif akan singgah di hati mereka.

Kerjasama antara Dishub bersama PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Bantan, Komunitas Mobil Bengkalis (KMB), Grapitasi (Gabungan Relawan Penggiat Wisata dan Literasi), ini langsung dilakukan oleh Bupati Bengkalis Kasmarni.

Penanaman pohon ini selain dilakukan Bupati Kasmarni, juga dilakukan Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Danramil 01/ Bkls Kapt Arh Isnanu dan beberapa orang lainnya. 235 bibit pohon Pulau Gading, Mahoni Terembesi dan Pohon Ketapang Kencana ditanam di lokasi tersebut.

Sebelum melakukan penanaman pohon tadi, Bupati Kasmarni dalam sambutannya menyampaikan, "Melalui gerakan penghijauan ini menjadi bukti nyata serta komitmen kita bersama untuk ikut berperan dalam upaya mengurangi efek pemanasan global dan upaya pelestarian hutan serta keanekaragaman hayati, serta upaya penanggulangan degradasi lahan di Kabupaten Bengkalis, serta untuk menciptakan keasrian dan keindahan lingkungan diareal aset-aset pemerintah daerah," kata Bupati Kasmarni.

Bupati Kasmarni berharap semoga semua bibit pohon yang ditanam akan tumbuh dan berkembang dengan cepat. Kepada Dinas Perhubungan dan organisasi penggagas, dimohonkan pohon yang ditanami hendaknya dijaga dan dirawat, jangan setelah ditanam terus dibiar begitu saja, tanpa ada perwatan. Jika hal tersebut terjadi tentunya, apa yang telah diprogramkan sore itu akan menjadi sia-sia belaka.

Kasmarni juga berharap, gerakan penghijauan tersebut, tidak hanya sampai di situ saja, tapi terus berkembang di lokasi-lokasi lainnya, dengan mengajak seluruh masyarakat, untuk mempopulerkan gerakan penghijauan tadi. Kampanyekan gerakan menamam pohon minimal 5 batang, di sekitar tempat tinggal masing-masing keluarga. Jika program tersebut sukses, maka upaya dalam menjaga kelestarian dan keasrian alam sebagai sumber kehidupan masyarakat dapat tercapai.

“Harapan kami, gerakan ini tidak hanya sekedar seremonial belaka, namun perlu ditindaklanjuti melalui gerakan nyata dengan melakukan penanaman yang melibatkan pemerintah, dunia usaha, dunia pendidikan, komponen masyarakat dan stakeholder lainnya serta gerakan ini hendaknya dapat dilakukan secara simultan dan disinergikan dengan program-program yang relevan dengan upaya rehabilitasi dan pelestarian alam,” harap Kasmarni.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Alfakhrurrazy, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Toharudin, Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Plt Kepala Dinas Perhubungan Djamaludin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Imam Hakim, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Suwarto, Camat Bantan Muthu Saily, Kabag Prokopim Dian Rachmadany serta undangan lainnya.

"Kita bersyukur karena kegiatan penanaman hari ini terlaksana dengan baik. Insya Allah jika feri Bengkalis Melaka atau Muar, Johor mulai beroperasi kembali, pohon ini telah tumbuh dengan baik sehingga kita bisa memberikan kesan sejuk kepada pelancong yang hadir ke Indonesia khususnya di Bengkalis dengan hati senang," kata Ketua KMB, Andi Murthala kepada potretnews.com, Selasa (16/11/2021) didampingi owner KMB.

Kegiatan ini semakin mengesankan, karena terlihat pegawai Dinas Perhubungan membawa tumpeng ulang tahun ke-47 Bupati Kasmarni yang sebelumnya terdengar di soundsystem lagu selamat ulang dari salah satu band Indonesia. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww