Home > Berita > Umum

Duh, 10 Daerah di Riau Naik PPKM Level 3

Duh, 10 Daerah di Riau Naik PPKM Level 3
Rabu, 20 Oktober 2021 09:26 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebanyak 10 kabupaten di Provinsi Riau kini menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) tiga. Sebanyak 10 kabupaten sebelumnya telah menerapkan PPKM tingkat dua. Sementara itu, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai masih terus melaksanakan PPKM tingkat dua.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir mengungkapkan, kenaikan tingkat PPKM di 10 wilayah tersebut, karena capaian vaksinasi belum mencapai 70 persen.

“Ke-10 daerah yang jangkauan vaksinasinya masih di bawah 40 persen,” kata Mimi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com , Rabu (20/10/2021), melansir Kompas.com.

Sementara pencapaian vaksinasi di Kota Pekanbaru sudah mencapai 75 persen, dan Kota Dumai sudah mencapai 67 persen. Namun, kata Mimi, pencapaian vaksinasi lansia di Kota Pekanbaru baru mencapai 35 persen. Oleh karena itu, penerapan PPKM tidak bisa turun ke level satu.

Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), vaksinasi untuk lansia harus mencapai 60 persen. Mimi menuturkan, 10 daerah yang naik ke PPKM level 3 adalah Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Bengkalis, Indragiri Hilir, Pelalawan, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Kuantan Singingi, dan Kepulauan Meranti.

“Penetapan tingkat daerah berpedoman pada Indikator, penyesuaian upaya kesehatan masyarakat dan kendala sosial, dalam menanggulangi pandemi Covid-19,” kata Mimi.

“Ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambah dengan indikator pencapaian total vaksinasi dosis pertama. Tingkat PPKM kabupaten dan kota dinaikkan satu tingkat, jika total pencapaian vaksinasi dosis pertama kurang. dari 40 persen,” kata Mimi.

Kita bisa mengakhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin telah beberapa kali menyelamatkan dunia dari pandemi.Vaksin merupakan salah satu penemuan berharga dunia ilmu pengetahuan. Jangan ragu dan jangan takut untuk mendapatkan vaksinasi. Periksa pembaruan vaksinasi. Mari kita bantu tenaga kesehatan kita dan tetangga kita yang terdampak Covid-19. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww