Home > Berita > Umum

Topaz, Benih Sawit Unggul Asian Agri untuk Optimalkan Ekonomi Petani

Rabu, 06 Oktober 2021 22:28 WIB
Widya Paramitha
topaz-benih-sawit-unggul-asian-agri-untuk-optimalkan-ekonomi-petaniHead Of Planing Materials Asian Agri Tan Joon Sheong, saat memaparkan keunggulan bibit unggul sawit Topaz, Rabu (6/10/2021) di Pekanbaru.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Komitmen Asian Agri untuk memberikan perhatian khusus kepada petani sawit di Riau, salah satunya diwujudkan dalam bentuk penyediaan benih unggul sebagai material tanaman.

Bagi petani di provinsi berjuluk ”Bumi Lancang Kuning”, benih Topaz sudah lama dikenal dan dalam hal produktivitas dipercaya memiliki potensi hasil lebih tinggi.

”Bibit sawit Topaz sangat tepat menjadi pilihan petani sawit saat ini. Selain siap mekar di segala jenis lahan yang ada, petani sawit itu juga harus bersiap-siap mendapatkan hasil yang memuaskan dari hasil yang akan didapatkan,” kata Head Of Planing Materials Asian Agri Tan Joon Sheong, Rabu (6/10/2021) di Pekanbaru.

Dalam paparannya, pria yang akrab disapa Mr Tan menyebut, keberadaan topografi lahan kebun sawit di wilayah Pulau Sumatera, ada beberapa jenis, yakni; lahan bergelombang, perbukitan, dan lahan gambut, sehingga dibutuhkan bibit sawit yang unggul untuk menyesuaikan kondisi lahan tersebut.

Sebagai solusi untuk bibit sawit unggul itu, imbuh Tan, sejak tahun 2004 pihaknya sudah menyiapkan benih Topaz, yakni Topaz series 1, 2, 3, dan 4 saat ini.

Dia juga mengatakan, selama hampir satu dekade tepatnya sejak tahun 2011 hingga 2020, total hasil penjualan minyak dari hasil bibit unggal Topaz di Indonesia sudah mencapai rata-rata 80 persen dari 200 ribu hektar lahan yang sudah produksi.

Sedangkan 50 persen yang sudah ditanami bibit unggul Topaz di wilayah Indonesia, sebanyak 20 persen berada di lahan gambut, sehingga bibit tersebut sangat cocok di tanam di beberapa jenis lahan yang ada di Indonesia.

”Asian Agri telah telah melakukan upaya-upaya (agar buah sawit petani tetap berkualitas dan bernilai tinggi), termasuk melakukan riset dan melakukan pendampingan kepada petani tersebut,” ujar Tan Joon Sheong, sembari menyebut untuk ketersediaan bibit unggul tersebut, kini sudah berada di wilayah Riau, yakni di Dusun Petapahan Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau.

Terlihat juga hadir saat pemaparan itu antara lain; Senior Manager Corporate Communications Dinna Permana, Coordinator Plasma Plantation Riau Agung Ardi Wardana, Head of Plan Breading Yopy Dedywiryanto, dan Media Relation Asian Agri Group Lidya Veronica. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww