Home > Berita > Umum

Pemprov Kepri Hentikan Program Dana Bergulir karena Penerima tak Mengembalikan Pinjaman

Pemprov Kepri Hentikan Program Dana Bergulir karena Penerima tak Mengembalikan Pinjaman
Sabtu, 02 Oktober 2021 09:20 WIB

TANJUNGPINANG, POTRETNEWS.com — Penerima bantuan pinjaman dana bergulir kerap tidak mengembalikan bantuan yang telah diberikan akhirnya Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terpaksa menghentikan bantuan tersebut.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan, program dana bantuan pinjaman bergulir tersebut dihentikan lantaran kerap tidak dikembalikan oleh penerima bantuan itu.

Petugas yang menagih pinjaman bergulir terkadang tidak membawa hasil lantaran penerima bantuan itu menganggap tidak perlu dikembalikan. Bahkan biaya operasional penagihan terkadang lebih besar dari uang yang dipinjam sehingga dinilai tidak efisien.Biaya operasional yang cukup besar disebabkan penerima dana bergulir itu tinggal di pulau-pulau.

"Tentu tidak boleh (biaya operasional penagihan lebih besar daripada uang yang dipinjam. Tidak efisien, dan tidak boleh terulang lagi," katanya.

Ia menuturkan dana bantuan pinjaman bergulir memungkinkan untuk diputihkan, terutama yang sudah lama mendapatkan bantuan itu. "Kami masih mempelajari aturannya," ucapnya, melansir antaranews.com.

Meski program dana bantuan pinjaman bergulir ditiadakan, Ansar mengemukakan bantuan tetap diberikan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Pemprov Kepri memberi bantuan berupa subsidi bunga pinjaman yang ditetapkan bank.

Pemprov Kepri sudah menjalin kerja sama dengan Bank Riau Kepri untuk melaksanakan program itu. Masyarakat yang memenuhi persyaratan dapat meminjam dana melalui bank.

"Bunga pinjaman dibayar oleh Pemprov Kepri. Saya pikir ini lebih efektif," ujarnya.***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww