Home > Berita > Umum

7 Pemda di Riau Diminta Siap Siaga Hadapi Ancaman Banjir

7 Pemda di Riau Diminta Siap Siaga Hadapi Ancaman Banjir
Sabtu, 02 Oktober 2021 08:12 WIB

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau meminta 7 pemerintah kabupaten/kota untuk siap siaga menghadapi potensi atau ancaman banjir dan 6 daerah yang rawan longsor karena saat ini wilayah itu sudah memasuki musim hujan.

"Pemerintah daerah yang perlu meningkatkan kesiagaan, terutama daerah yang rawan terhadap potensi banjir, adalah Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Pelalawan, Rokan Hulu dan Rokan Hilir," kata Kepala BPBD Riau M. Edy Afrizal kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat, 1 Oktober 2021, melansir viva.co.id.

Menurut dia, BPBD Provinsi sudah meminta BPBD kabupaten/kota untuk melakukan upaya pencegahan dalam mengurangi dampak ancaman bencana banjir dan longsor yang mungkin timbul di masing-masing wilayahnya guna menekan kerugian harta dan jiwa.

Sejumlah daerah yang juga perlu meningkatkan kewaspadaan karena daerah mereka rawan longsor berdasar perkiraan ada di Kabupaten Kuantan Singingi, Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

"Karena itu, BPBD Riau juga sudah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota untuk segera melaporkan jika terjadi bencana banjir dan longsor di wilayahnya agar upaya penanggulangan dengan cepat bisa dilakukan," katanya.

Jika seandainya terjadi bencana, katanya, kalau ada permintaan bantuan personel dan peralatan, maka BPBD Riau siap menurunkan tim siaga ke lokasi, dengan harapan semoga bencana itu tidak sampai terjadi.

"Soal bencana hanya kekuasaan Yang Mahakuasa, namun demikian kita tetap mengimbau masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran sungai, untuk tetap waspada jika sewaktu-waktu air sungai meluap, maka kerugian bisa diminimalisasi," katanya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww