Ini Strategi Pemkab Kuantan Singingi Siapkan Pariwisata Jadi Sektor Andalan Masa Depan

Jum'at, 01 Oktober 2021 12:30 WIB
Advertorial
ini-strategi-pemkab-kuantan-singingi-siapkan-pariwisata-jadi-sektor-andalan-masa-depanKolam pemandian Ayie Angek di Desa Sungaipinang Kecamatan Hulu Kuantan/F-ISTIMEWA

KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuantan Singingi (Kuansing) di Provinsi Riau terus berusaha mengembangkan lokomotif perekonomian baru dalam upaya melakukan pergeseran struktur ekonomi; dari yang semula berbasis sumber daya alam (SDA) tidak terbarukan (pertambangan) menjadi berbasis SDA terbarukan.

Salah satu SDA terbarukan yang secara intensif dikembangkan, adalah sektor pariwisata. Apalagi didukung dengan kondisi geografis Kuansing dengan keanekaragaman objek wisata alam yang tersebar di 15 kecamatan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21102021/potretnewscom_4gnql_2257.jpgKepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi Dr H Indra Suandy ST MSi/F-ISTIMEWA

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kuantan Singingi Dr H Indra Suandy ST MSi mengatakan, saat ini pemerintah daerah setempat tengah fokus untuk pengembangan objek wisata atau destinasi wisata yang ada di kabupaten bermoto Basatu Nogori Maju, itu.

”Hingga tahun 2021, destinasi wisata di Kabupaten Kuantan Singingi tercatat sebanyak 24 objek wisata,” kata Indra menjawab potretnews.com, belum lama ini.

Dia mengklaim, potensi wisata yang ada di Kuansing memiliki daya saing, antara lain; Air Terjun Guruh Gemurai di Kuantan Mudik, Air Terjun Batang Koban di Hulu Kuantan, kolam pemandian air panas atau kolam pemandian Ayie Angek di Desa Sungaipinang Kecamatan Hulu Kuantan, dan Sungai Tabijo di Desa Petai Kecamatan Singingi Hilir.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21102021/potretnewscom_hbdxw_2256.jpgTobek Paboun saat musim padi menghijau/F-ISTIMEWA  

Selain itu, ada juga kawasan rumah adat Sentajo di Kecamatan Sentajo Raya, Tobek Paboun (wisata persawahan yang di atasnya dibangun sebuah jembatan layang) di Kecamatan Kuantan Mudik, dan Pantai Jaijai Raok Desa Padangtanggung, Kecamatan Pangean.

Indra Suandy menyebut, untuk menarik minat wisatawan, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi terus melakukan pembenahan dan pembangunan dalam upaya menunjang sektor pariwisata, baik untuk infrastruktur, SDM, manajemen, dan lain lain .

Menurut Indra, pemkab optimis sektor pariwisata akan menjadi salah satu sector andalan mengumpulkan pundi-pundi bagi daerah. Karena berdasarkan pengamatan dari jajarannya di lapangan, ada objek wisata yang hampir setiap hari didatangi pengunjung. Salah satunya Air Terjun Guruh Gemurai.

”Air terjun ini memiliki prospek bagus ke depannya. Karena nyaris setiap hari ada warga yang berkunjung ke sana. Mereka bukan hanya penduduk lokal di Kuansing, tetapi juga dari luar kabupaten ini,” ucap Indra Suandy.

Destinasi lain yang menurut Indra juga mulai didatangi pengunjung yaitu kolam pemandian Ayie Angek (air panas). Objek wisata yang diresmikan awal tahun 2021 diyakini berkhasiat mengobati penyakit kulit, pegal-pegal, dan nyeri tulang. Namun tidak sedikit juga yang datang untuk hanya ingin menikmati mandi air panas dari alam tersebut.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/21102021/potretnewscom_h8zkd_2258.jpgLokasi Tobek Paboun di Kecamatan Kuantan Mudik/F-ISTIMEWA

Indra melanjurkan, objek wisata lain yang sedang booming di Kuansing adalah wisata Tobek Paboun. Wisata ini terdiri dari tiga musim, yaitu musim Tobek (lokasi digenangi air), musim padi yaitu penghijauan lokasi Tobek (dihijaukan oleh tumbuhan padi yang tertanam di puluhan hektar luas pesawahan masyarakat), dan musim menguning (musim ini terlihat saat padi masyarakat menguning dan siap untuk dipanen).

Walau diakui selama pandemi Covid-19 kontribusi dari sektor pariwisata belum maksimal, namun Kepala Dinas Pariwisata Indra Suandy beserta jajarannya berupaya keras melakukan berbagai terobosan dalam upaya pengembangan wisata di daerah itu.

”Kita sudah menyiapkan strategi, promosi pemasarannya, bentuk mengemasan dalam pengelolaan termasuk pembangunan infrastruktur pendukung lainnya. Mari berkunjung ke Kuantan Singingi..,” pungkas Indra Suandy. (Adv)

wwwwww