34.000 Hektar Mangrove di Seluruh Indonesia Akan Direhabilitasi

34.000 Hektar Mangrove di Seluruh Indonesia Akan Direhabilitasi
Selasa, 28 September 2021 14:35 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pada 2021 akan melakukan rehabilitasi mangrove sekitar 34.000 hektare diseluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan penanaman mangrove di Pantai Wisata Raja Kicik, Bangkalis, Riau.

"Di 2021 ini kita akan melakukan rehabilitasi mangrove di seluruh Tanah Air sebanyak 34.000 hektare," kata Jokowi dalam siaran youtube sekretariat Presiden, Selasa(28/9).

Dia menjelaskan dengan adanya rehabilitasi tersebut akan berkontribusi untuk perubahan iklim dunia. Tidak hanya itu, hutan mangrove juga berguna yaitu memiliki carbon 4-5 kali lipat.

"Karena hutan mangrove menyimpan carbon, 4-5 kali lipat lebih banyak daripada hutan tropis daratan. Sehingga akan berkontribusi besar pada penyerapan, emisi karbon, dan ini meneguhkan komitmen kita terhadap paris agreement, terhadap perubahan iklim dunia," bebernya.

Sebelumnya diketahui Jokowi juga sudah menanam mangrove di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/9). Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat untuk melestarikan kawasan hutan mangrove.

"Melakukan penanaman mangrove bersama-sama dengan masyarakat karena memang rehabilitasi mangrove harus kita lakukan untuk memulihkan, untuk melestarikan kawasan hutan mangrove ini," kata Jokowi di Desa Tritih Lor, Kamis (23/9), melansir Merdeka.com.

Selain itu, kata dia, penanaman mangrove ini untuk mengantisipasi perubahan iklim yang sekarang sedang terjadi ini di dunia. Penanaman mangrove ini juga diharapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi dan menghambat interupsi air.

"Kemudian memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di daerah pantai yang kita harapkan berdampak kepada peningkatan produksi ikan dan produksi hasil laut lainnya," ucapnya.

"Terutama ini kepiting, tadi kita dapat kepiting dua, sehingga nantinya kita harapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di pesisir pantai ini," kata eks Wali Kota Solo itu.

Kepala Negara menambahkan, rehabilitasi mangrove akan terus dilakukan baik oleh Badan Restoran Gambut dan Mangrove dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Dan target kita di tahun 2021 ini adalah kurang lebih 34 ribu hektare di seluruh tanah air," pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Bengkalis
wwwwww